Follow Us

5 Kota Pelajar Terbaik se-Asia Tenggara 2023, Bandung Jadi Salah Satunya Euy!

Al Sobry - Kamis, 08 Desember 2022 | 08:22
Mahasiswa ITB Bandung

Mahasiswa ITB Bandung

HAI-Online.com - Top 5 Best Student Cities 2023 baru saja diumumkan pihak Quacquarelli Symonds (QS) yang biasa membuat ranking bagi univesitas di dunia.

Lima kota pelajar terbaik di Asia Tenggara tersebut yakni Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok, Manila, dan Bandung.

Baca Juga: Seniman Asal Bandung, Machine56 Jadi Seniman Indonesia Favorit Takashi Murakami

Bandung berhasil meraih kota terbaik di Indonesia, kemudian diikuti kota Jakarta dan Surabaya sesuai penilaian yang dilakukan oleh QS Best Student Cities 2023.

Apa alasan dari pemeringkatan Best Studen Cities ini? Menurut QS ada enam indikator penilaian yang digunakan yakni:

  • University rankings
  • Student mix
  • Desirability
  • Employer activity
  • Affordability
  • Student voice
Keenam indikator tersebut memiliki bobot yang sama saat menghitung keseluruhan urutan indeks, tetapi indikator dalam setiap kategori mungkin punya bobot berbeda.

Selain itu, QS Best Student Cities juga mempertimbangkan setiap kota yang harus memiliki populasi minimal 250.000 dan menjadi “tuan rumah” bagi minimal dua universitas yang ditampilkan dalam QS World University Rankings terbaru.

Pertimbangan lain seperti keterjangkauan biaya pendidikan, biaya hidup, jumlah pelajar internasional, keamanan dan kesehatan, juga survei dari mahasiswa.

QS WUR menyebutkan ada sebanyak 164 kota memenuhi syarat untuk dipertimbangkan dalam penilaian sebagai destinasi kota terbaik bagi mahasiswa internasional untuk melanjutkan pendidikan.

Selain itu, QS WUR 2023 juga mencatat terdapat sejumlah Perguruan Tinggi di Bandung yang masuk daftar kampus terbaik di Indonesia yakni:

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  2. Universitas Padjadjaran (Unpad)
  3. Telkom University (Tel-U)
  4. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  5. Institusi Seni Budaya Indonesia (ISI)
  6. Universitas Katolik Parahyangan (Unpar)
Dikutip dari Kompas.com, biaya hidup di kota Bandung juga cukup terjangkau bagi para mahasiswa. Makanan mudah ditemukan dengan harga terjangkau, variatif, dan banyak fasilitas, seperti working space bagi mahasiswa saat ingin menyelesaikan tugas atau kerja kelompok.

Baca Juga: Kolaborasikan Kurikulum Merdeka dari Kemendikbud & Cisco Akademi, SMK Marie Joseph Diluncurkan

Nah, buat kamu yang lagi memilih perguruan tinggi di Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023, semoga informasi ini berguna. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest