Follow Us

Pernyataan Sikap Asosiasi Promotor Musik Indonesia, Merespon Pembatalan Sebuah Izin Acara Musik oleh Pemerintah: Padahal Industri Pertunjukan Seni Musik Baru Aja Bangkit!

Nada Aprillia - Kamis, 03 November 2022 | 18:52
Konferensi pers pernyataan sikap Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI). Creative Hall, M Bloc Space, Jakarta (3/11/2022)
Doc. HAI Online / Nada Aprillia

Konferensi pers pernyataan sikap Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI). Creative Hall, M Bloc Space, Jakarta (3/11/2022)

HAI-ONLINE.COM - Selaku asosiasi promotor musik pertama dan satu-satunya di Indonesia, pernyataan sikap pun dilakukan oleh Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI) menanggapi dampak yang terjadi setelah keramaian yang terjadi pada sebuah festival musik yang baru aja selesai digelar di Jakarta baru-baru ini.

Beberapa hari terakhir ini media sosial sedang ramai-ramainya memperbincangkan sebuah festival musik tersebut, lantaran banyaknya miss yang terjadi di perhelatan acara musik itu.

Hal itulah yang memantik pernyataan sikap dari APMI dengan diselenggarakan konferensi pers pada Kamis (3/11/2022) di Creative Hall, M Bloc Space, Jakarta, karena kejadian tersebut nyatanya memicu pembatalan sebuah ijin acara musik oleh pemerintah.

Baca Juga: Suka Dangdut? Merapat! Dari Ndarboy Genk, Joni Iskandar Hingga Slank, Bakal Semarakkan Festival Dangdut Kolaboratif 'Semesta Bergoyang'!

Dikatakan oleh APMI bahwa, padahal industri seni pertunjukan musik di Indonesia baru aja bangkit, dan bagi mereka kebangkitan tersebut baiknya dilihat dari berbagai sisi.

Kenyataannya juga, APMI memaparkan bahwa ada banyak kok festival musik berskala besar yang berjalan dengan lancar, rapi dan tertib. Di antaranya adalah Mandalika Music Vibes, Java Jazz Festival, Synchronize Festival, Prambanan Jazz, Djakarta Warehouse Project (DWP), We The Fest (WTF), dan masih banyak lagi.

Event musik ini bisa membantu dalam pertumbuhan ekonomi kita secara nasional. Ini nggak boleh berhenti karena ‘tantangan’ kemarin itu. Jadi kita harus berjuang, sama-sama kita bersuara, bahwa industri kami baik-baik saja, bahkan lagi di level SANGAT baik-baik saja” ujar Dino Hamid selaku Ketua Umum APMI menekankan.

Membahas kegagalan dari festival musik sebelumnya itu, Emil Mahyudin selaku SekJen APMI pun memaparkan bahwa terdapat beberapa imbas yang terjadi.

Konferensi pers pernyataan sikap Asosiasi Promotor Musik Indonesia. Creative Hall, M Bloc Space, Jakarta (3/11/2022)
Doc. HAI Online / Nada Aprillia

Konferensi pers pernyataan sikap Asosiasi Promotor Musik Indonesia. Creative Hall, M Bloc Space, Jakarta (3/11/2022)

“Imbas dari kejadian kemarin diantaranya: Konser nggak boleh di outdoor, harus indoor, nggak boleh lewat dari jam 6 sore, banyak event musik yang di undur, kayak yang kita tau baru-baru ini salah satunya konser Dewa 19.”

“Dari kejadian kemarin memang ada yang harus diperbaiki, tapi jangan dipukul rata semua. Harus dilihat secara obyektif,” tambah Emil.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest