Follow Us

Filkom Unpad Gelar Konser Musik Inklusif Teman Tuli, Dilengkapi Juru Bahasa Isyarat!

Tanya Audriatika - Rabu, 02 November 2022 | 09:05
Juru Bahasa Isyarat sedang menginterpretasikan pertunjukan musik Pesta Rakyat Komunikasi (Perak) 2022, Minggu (23 10 2022).
Dok. laman Unpad

Juru Bahasa Isyarat sedang menginterpretasikan pertunjukan musik Pesta Rakyat Komunikasi (Perak) 2022, Minggu (23 10 2022).

HAI-Online.com - BEM Fakultas Ilmu Komunikasi (Filkom) Universitas Padjadjaran (Unpad) Kabinet Aksinergi gelar konser musik inklusif teman tuli yang dilengkapi juru bahasa isyarat.

Konser ini menjadi penutupan Pesta Rakyat Komunikasi (Perak) 2022 yang digelar di Lapangan PPBS Unpad, Jatinangor, Minggu (23/10/2022) lalu.

Wakil Ketua Pelaksana Perak, Adli Muhammad Ahfaz Abdullah mengatakan, berdasarkan observasi, sejauh ini belum ada festival musik inklusif di Jatinangor.

Padahal, penyediaan juru bahasa isyarat teman tuli sudah banyak dilakukan beberapa konser musik.

Hal itulah yang menjadi titik awal panitia menyediakan akses juru bahasa isyarat bagi teman tuli yang ingin menikmati konser tersebut.

Bekerja sama dengan Silang.id atau usaha rintisan (startup) inklusif bagi teman tuli dan teman dengar, konser tersebut berhasil suguhkan pertunjukan musik yang inklusif.

Baca Juga: Alam, Mahasiswa Unpad Raih 2 Penghargaan Kejuaraan Hoki Tingkat Asia

“Selain ingin menyediakan festival musik yang inklusif, kami juga ingin menghilangkan batasan bagi teman tuli untuk menikmati festival musik,” kata Ahfaz dilansir dari laman resmi Unpad.

Di sisi lain, sebagai Filkom pertama dan tertua di Indonesia, Fikom Unpad lewat kegiatan ini ingin meningkatkan kesadaran masyarakat luas jika akses bahasa isyarat penting bagi teman tuli agar semua orang dapat berkomunikasi tanpa halangan apa pun.

Saat konser berlangsung, para juru bahasa isyarat menginterpretasikan hampir semua penampilan lagu dari bintang tamu dan pembawa acara.

Nggak ada kendala berarti saat proses interprestasi dilakukan. Respons positif pun bermunculan kepada pihak panitia.

“Kami sangat senang karena dapatkan berbagai respons positif dari semua pihak. Dan lewat Instagram story pada akun yang menandai kami, kami lihat banyak orang yang terbantu dengan akses juru bahasa isyarat pada Perak 2022,” ujarnya.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest