Follow Us

Anak Muda Suka Komik Ramayana Versi Modern

- Selasa, 24 Februari 2015 | 13:02
Anak Muda Suka Komik Ramayana Versi Modern
Hai Online

Anak Muda Suka Komik Ramayana Versi Modern

Kabar gembira buat para penggemar kisah epik Ramayana. Pasalnya cerita legendaris yang telah diangkat dalam berbagai media baik film, novel, maupun teater, kini hadir juga dalam versi komik dengan judul The Grand Legend Ramayana (GLR) karya komikus Is Yuniarto.

Komik fiksi fantasi yang terinspirasi oleh kisah petualangan Rama bersama Shinta melawan Rahwana itu kini telah tayang hingga 11 chapter di majalah kompilasi komik re:ON dan chapter 12-nya bakal segera terbit pada akhir Februari ini.

Pendiri re:ON Comics, Yudha Negara Nyoman punya alasan kenapa GLR hadir dalam versi komik modern yang dikompilasikan bareng komikus Indonesia. "Ini untuk mengakomodir minat penggemar kisah Ramayana sekaligus juga untuk menjaring minat para pembaca muda yang belum mengenal apa itu Ramayana," katanya.

Menurut Nyoman, pada masa 70an sempat ada komik Ramayana karangan almarhum Bapak R. A. Kosasih. "Namun seiring berjalannya waktu, kami merasa perlu untuk memperkenalkan kembali kisah Ramayana ini ke pembaca muda, " katanya lagi di Jakarta pada beberapa waktu lalu.

Komik GLR di re:ON Comics ini disajikan dengan cita rasa modern sehingga jadi lebih mudah diterima. Salah satu contohnya adalah Rama yang menggunakan sepasang pistol sebagai senjatanya. Bahkan Rahwana pun mengenakan jas panjang agar tampak lebih berwibawa. Demikian juga Shinta di GLR ini digambarkan sebagai seorang gadis yang mampu bertarung serta membawa bazooka sebagai senjata utamanya. Wih!

"Is Yuniarto memang komikus yang paling pas untuk komik Ramayana karena sejak dulu passion-nya memang di cerita perwayangan. Selain itu, style gambarnya memiliki ciri khas tersendiri dan ia juga memiliki banyak penggemar," sambung Nyoman.

Yudha Nyoman bersama dengan Chris Lie dan Andik Prayogo mendirikan re:ON Comics sebagai salah satu inkubator komikuslokal yang dikelola secara profesional dengan misi utama untuk membangkitkan kembali kejayaan komik Indonesia.

Selain dalam bentuk komik, GLR ini juga memiliki cosplay atau pemeran kostumnya. Karakter Shinta diperankan oleh Isabella Imanuella yang berprofesi sebagai model dari Bandung, sementara kostumnya dibuat oleh costume maker profesional yaitu Frea Mai. Bahkan di event Anime Festival Asia Indonesia (AFAID) 2014 yang lalu, keduanya tampil bersama sebagai karakter Shinta.

Ketika ditanyakan ke Is Yuniarto, komikus GLR ini hanya tersenyum. Dia cuma mengira kalau hanya ada Bella yang bisa berperan sebagai cosplay Shinta, tapi kemudian muncul juga Frea sebagai Shinta baru juga bersama rekannya yang memerankan karakter Rama.

"Alhasil, booth re:ON di AFAID semakin ramai dikerumuni pengunjung yang mau minta tandatangan dan berfoto bareng," kenang Is.

re:ON Comics adalah kompilasi komik karya para komikus lokal yang terdiri dari 5 hingga 7 judul komik remaja dalam berbagai genre yang terbit setiap 6 minggu sekali serta bisa didapatkan di toko buku seperti Gramedia dan lain-lain. Nggak dinyana, anak muda suka komik Mahabarata nih!

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest