Follow Us

Mitos dan Fakta Seputar Sepeda Motor

Ega Hai - Rabu, 29 Oktober 2014 | 06:51
Mitos dan Fakta Seputar Sepeda Motor
Ega Hai

Mitos dan Fakta Seputar Sepeda Motor

Mengendarai motor atau mobil banyak orang yang bisa melakukannya. Tapi hanya sedikit yang mau memahami seluk beluk motor atau mobil yang mereka kendarai. Setuju?

Contohnya nih, nggak jarang kita sering melihat orang yang menggoyang-goyangkan motor atau mobil saat mengisi bensin di SPBU. Katanya, sih, biar dapat bensin lebih. Orang-orang dalam "golongan itu" bisa dikategorikan sebagai orang yang percaya mitos.

Terus apa saja sih yang tergolong mitos atau fakta buat urusan motor? Coba nih simak Hai membeberkan beberapa mitos dan fakta seputar motor!

1. Mitos: Kondisi motor inreyen boleh dipakai buat ngebut?Fakta: Boleh saja ngebut, namun mesti diurut, buka gasnya jangan dihentak tapi pelan-pelan. Kenapa? Karena biasanya antara komponen dalam mesin di motor baru, masih dalam proses saling menyesuaikan. Makanya, ketika langsung digas maksimal, dikhawatirkan terjadi keausan di luar toleransi.

2. Mitos: Motor matik nggak boleh di-stut/dorong dalam keadaan mati?Fakta: Motor matik sangat boleh dan nggak masalah didorong saat mati/mogok. Hanya saja jika didorong dengan harapan mesin bisa menyala, itu pekerjaan yang sia-sia, karena putaran dari roda nggak akan pernah bisa menggerakkan kruk as agar mesin menyala.

3. Mitos: Manasin motor lama bikin oli cepet naik ke mesin?Fakta: Manasin motor lama biar oli naik itu kebiasaan zaman dulu. Motor sekarang cukup 'diangetin' 2-3 menit sudah bisa langsung tancap gas, karena pompa oli motor sekarang lebih bagus, sehingga sebaran oli dalam waktu sebentar sudah menjangkau ke semua bagian mesin, termasuk kinerja oli sekarang jauh lebih baik.

4. Mitos: Bener nggak, pas motor mau dimatikan harus geber gas?Fakta: Itu nggak bener, dan nggak perlu. Kebiasaan menggeber sebelum mati itu juga kebiasaan lama yang dilakukan agar pengisian arus ke aki lebih banyak. Nah, saat ini nggak perlu, karena pengisian udah lebih baik.

Baca Juga: Tips Biar Motor Anti Maling

5. Mitos: Motor matik perawatannya lebih ribetFakta: Motor matik perawatannya nggak beda jauh sama motor bebek dan sport. Perbedaannya hanya pada CVT. Nah, CVT memang harus dirawat, namun dalam jangka waktu yang lama. Tapi servis ringan hanya disemprot untuk membersihkan debu saja.

6. Mitos: Starter motor pagi hari/awal dinyalakan bikin aki cepet tekorFakta: Tren motor sekarang memang nggak akan pakai kick starter lagi, layaknya motor besar. Pakai electric starter nggak akan bikin aki tekor. Namun, jika mesin susah dinyalakan, maka jangan paksa di-starter, operasikan dahulu cuk baru dipencet, jika tetap susah emang sebaiknya pakai kick starter.

7. Mitos: Campurin bensin (Pertamax dan Premium) bisa bikin mesin motor cepat rusakFakta: Mencampur Premium dan Pertamax sama sekali nggak akan merusak mesin, jadi nggak masalah. Hanya saja jika perbandingannya 1:1 nilai oktan jadi di tengah keduanya, yaitu 90.

Baca Juga:

Tips Memilih Motor Tua

Korban Geng Motor : Mereka Merampok dan Tusuk Aku Pakai Busur

Editor : Ega Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest