Follow Us

KPK Ajak Anak Muda Lawan Korupsi Lewat ACFFest 2014

Ega Hai - Rabu, 27 Agustus 2014 | 10:24
KPK Ajak Anak Muda Lawan Korupsi Lewat ACFFest 2014
Ega Hai

KPK Ajak Anak Muda Lawan Korupsi Lewat ACFFest 2014

Pemberantasan korupsi di negeri ini dalam beberapa tahun belekangan semakin digalakkan. Pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap kedepannya koruptor habis diberantas dan tidak ada lagi bibit-bibit baru koruptor yang tumbuh di Indonesia.

Salah satu cara untuk memuluskan niat baik tersebut, KPK bersama dengan Management System International (MSI) didukung oleh USAID, kembali menggelar Festival Film Antikorupsi (Anti Corruption Film Festival-ACFFest). Memasuki tahun kedua, ajang ini mengusung tagline #FacetheFactActToday sebagai sebuah jargon baru untuk anak muda agar lebih peduli dengan berbagai fakta korupsi di sekeliling. Kemudian, mereka beraksi nyata pada upaya pemberantasan maupun pencegahan korupsi secara kreatif melalui karya film.

"Kita mencoba mengubah cara pendekatan selain dengan penangkapan koruptor. Ini pendekatan pencegahan, kita ingin memberikan karakter nilai kepada anak-anak kita, agar tertanam integritasnya. Dari hasil pemantauan KPK selama 11 tahun, korptor nggak hanya orangtua tapi anak muda. Ini ada yang salah, mengenai nilai, mengenai integritas. KPK mencoba memberi pemahaman lewat film, film ini medium yang bisa dinikmati siapa saja dan mudah dicerna," jelas Abraham Samad, Ketua KPK, di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, Rabu (27/8).

Baca Juga: Remaja Indonesia Siap Berantas Korupsi, Melalui Kampanye Kreatif

Film yang diikutsertakan dalam kompetisi ini akan diseleksi oleh tim juri independen, yaitu Alex Komang (Badan perfilman Indonesia), Arturo GP (Akademisi), Vivian Idris (Film Maker), Wahyu Aditya (Animator) dan Toto Indarto (Akademisi/jurnalis).

"Ayo kita membuat film, kalau hari ini temanya korupsi kenapa tidak? Banyak film Hollywood tentang korupsi, di sini ada film pendek, film pendek animasi. Apa saja ide kalian, dengan tema yang sederhana nggak usah korupsi di birokrat tuangkan dalam film," papar Alex.

Buat kalian yang mau mendaftar, kalian bisa menyambangi laman acffest.org. Pendaftaran sudah dibuka sejak Mei dan akan ditutup pada 31 Oktober 2014. Pengumuman serta penganugerahan pemenang akan dilakukan pada peringatan Hari Anti Korupsi Internasional pada Desember 2014 di Yogyakarta.

Baca Juga:

"Prabowo Korupsi, Jokowi Korupsi"

Kompak Yuk! Anak Muda Memilih Capres Anti Korupsi

Editor : Ega Hai

Baca Lainnya

Latest