Follow Us

Burj Khalifa, Gedung Ini Punya Tiga Waktu Berbuka Puasa Yang Berbeda

iamalvin - Senin, 22 Juni 2015 | 04:19
Burj Khalifa Gedung Ini Punya Tiga Waktu Berbuka Puasa Yang Berbeda
iamalvin

Burj Khalifa Gedung Ini Punya Tiga Waktu Berbuka Puasa Yang Berbeda

Sejauh ini, waktu berbuka puasa yang berbeda-beda umumnya terjadi akibat perbedaan wilayah administratif (kabupaten/kota). Misalnya, jadwal imsakiyah Ramadhan untuk kota Jakarta selalu berbeda dengan jadwal untuk Kabupaten Serang, meski secara geografis keduanya berdekatan. Tapi, Burj Khalifa, gedung ini punya tiga waktu berbuka puasa yang berbeda! Kok bisa ya?

Hal ini HAI dapatkan dari catatan Kompas.com yang ditulis Koordinator Riset Jejaring Rukyatul Hilal Indonesia & Ketua Tim Ahli Badan Hisab dan Rukyat Daerah Kebumen, Muh Ma'rufin Sudibyo.

Terdengar kabar bahwa Kementerian Urusan Islam dan Amal Sosial di Dubai (Uni Emirat Arab) telah menerbitkan jadwal imsakiyah Ramadhan khusus yang diberlakukan di menara ini.

Sebagai gedung pencakar langit tertinggi di dunia sejak 2010 hingga kini dan berlokasi di negara Islam, Menara Khalifa menjadi aspek khusus yang mendapat perlakuan berbeda dalam hal jadwal imsakiyah bulan Ramadhan dibanding lokasi-lokasi lainnya di Dubai.

Jadwal khusus tersebut, kata Ma'rufin, membagi Menara Khalifa menjadi tiga kelompok waktu berbuka puasa yang masing-masing berselisih satu menit. Maka, bila penghuni lantai dasar di gedung jangkung ini telah berbuka puasa misalnya pukul 19:02, penghuni lantai teratas baru boleh bersantap dalam tiga menit kemudian (pukul 19:05).

Kenapa sih gedung ini punya tiga waktu berbuka puasa yang berbeda?

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest