Follow Us

Aturan Baru Seragam Sekolah 2022 Ada Pakaian Adat, Berikut Penjelasannya

Tanya Audriatika - Selasa, 18 Oktober 2022 | 16:10
Permendikbud Ristek nomor 50 tahun 2022 mengatur tentang penggunaan seragam sekolah siswa SD hingga SMA, salah satunya penggunaan pakaian adat.
Laman Direktorat SD Kemendikbud Ristek

Permendikbud Ristek nomor 50 tahun 2022 mengatur tentang penggunaan seragam sekolah siswa SD hingga SMA, salah satunya penggunaan pakaian adat.

HAI-Online.com - Aturan terbaru seragam sekolah 2022 muncul pilihan pakaian adat yang bisa digunakan saat ke sekolah.

Aturan tersebut ada di Permendikbud Ristek nomor 50 tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Melansir Kompas.com, dalam aturannya para siswa di Indonesia bisa mengenakan baju adat pada hari atau acara adat tertentu.

Aturan baru seragam sekolah

Dalam Permendikbud Ristek nomor 50 tahun 2022, peserta didik dapat mengenakan baju adat pada hari atau acara adat tertentu.

Dalam pasal 3 Permendikbud Ristek nomor 50 tahun 2022 disebutkan, ada tiga jenis seragam sekolah yang digunakan siswa SD hingga SMA yakni:

  1. Pakaian seragam nasional
  2. Pakaian seragam pramuka
  3. Pakaian adat.
Sementara itu, sesuai pasal 4, pemerintah daerah (pemda) sesuai dengan kewenangannya dapat mengatur pengenaan pakaian adat bagi peserta didik di sekolah.

Berikut ketentuan seragam sekolah terbaru Permendikbud Ristek yang tertuang dalam Pasal 5 Nomor 30 tahun 2022:

  1. Model dan warna seragam nasional
  • Jenjang SD dan SD Luar Biasa, atasan kemeja putih dan bawahan celana atau rok merah hati.
  • Jenjang SMP dan SMP Luar Biasa atasan kemeja putih dan bawahan celana atau rok biru tua.
  • Jenjang SMA atau SMA Luar Biasa, SMK dan SMK Luar Biasa atasan kemeja putih dan celana atau rok abu-abu.
Pada sekolah yang diselenggarakan pemda, orangtua atau wali masing-masing siswa boleh pilih salah satu model pakaian seragam nasional dengan mengacu pada ketentuan model pakaian seragam nasional.

Baca Juga: Ini Aturan Terbaru Seragam untuk SMA, Berlaku Mulai 9 September

Sekolah yang diselenggarakan masyarakat, sekolah dapat memilih model pakaian seragam nasional yang dikenakan peserta didik dengan mengacu pada ketentuan model pakaian seragam nasional.

Sementara itu sekolah yang berada di Provinsi Aceh, peserta didik yang beragama Islam mengenakan pakaian seragam nasional sesuai kekhususan Aceh.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest