Follow Us

Semangat Jalan dan Berbagi dengan Komunitas Backpacker Dunia

- Kamis, 21 Mei 2015 | 10:07
Semangat Jalan dan Berbagi dengan Komunitas Backpacker Dunia
Hai Online

Semangat Jalan dan Berbagi dengan Komunitas Backpacker Dunia

Komunias Backpackker Dunia (BD) berawal dari sosok seorang Elok Dyah Messwati yang tadinya cuma berniat membuat acara promosi untuk buku yang dirilisnya.

Namun, kemudian berkembang pesat dan menjaring banyak traveller lainnya untuk bergabung. Hingga kini untuk group Backpacker Dunia di Facebook sekarang member-nya ada sekitar 15.300 orang backpacker Indonesia yang tinggal di Indonesia maupun luar Indonesia. Ada member yang tinggal di Amrik, Eropa, Australia, Afrika, Asia Tenggara, China, Korea, Jepang, Timur Tengah, dan belahan bumi lainnya.

Setiap bulan, sejak September 2009, perempuan yang akrab disapa Elok ini selalu selalu menggelar gathering antar-member BD secara offline. Jadi, mereka nggak Cuma sharing online di group Facebook atau milis http://groups.yahoo.com/group/backpackerdunia, tetapi sudah puluhan kali gathering untuk sharing info.

Member yang baru pulang dari sebuah negara biasanya sharing informasinya pada member lain. Kadang dalam gathering ada yang bertukar peta atau uang dengan rate yang lebih baik daripada money changer.

Setiap hari member BD bertambah dan tiap gathering kini sudah ratusan orang. Gathering Jakarta bulan Juni 2013 dihadiri 190 member, padahal pada tahun 2009 yang datang hanya 20 - 40 orang setiap gathering.

Banyak member BD yang orang Indonesia, tapi tinggal tersebar di seluruh dunia seperti Swiss, Belanda, Polandia, UK, USA, Australia, Afrika, Turki, UAE, Japan, hingga Korea yang bersedia membagi informasi untuk member BD yang tinggal di Indonesia ataupun belahan bumi lainnya. Dengan adanya komunitas BD, orang awam/member baru yang semula beranggapan ke luar negeri itu mahal. Dengan bertukar info mereka menjadi tahu bahwa ia bisa menghemat pengeluarannya selama di luar negeri. Salut!

Group Facebook: Backpacker Dunia

Fanpage Facebook: Komunitas Backpacker Dunia

Twitter: @BackpackerDunia

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest