Follow Us

Jam 9 Malam, Saatnya Matikan Smartphone!

Gitarama - Jumat, 24 Januari 2014 | 10:54
Jam 9 Malam Saatnya Matikan Smartphone
Gitarama

Jam 9 Malam Saatnya Matikan Smartphone

Hampir setiap orang sekarang memiliki smartphone. Sayangnya, hal ini mengubah kebiasaan manusia hingga jadi tergantung pada smartphone.

Menurut studi yang akan dipublikasi dalam jurnal Organizational Behavior and Human Decision Processes, cahaya biru dari tampilan layar smartphone mengakibatkan kurang tidur pada pengguna smartphone.

Sinar biru tersebut mengganggu pelepasan hormon melatonin, yang membantu tubuh untuk tidur. Pelepasan melatonin yang terganggu dapat menyebabkan saraf tetap terjaga. Menurut Harvard Medical School, sinar tersebut mengganggu jam biologis atau sistem sirkadian dalam tubuh, yang menyebabkan terganggunya kualitas tidur. Riset ini dilakukan tim beranggotakan Christopher M Barnes, Klodiana Lanaj, dan Russell Johnson dari University of Washington. Peneliti melakukan dua riset untuk mengetahui, apakah penggunaan smartphone setelah pukul 09.00 malam berpengaruh buruk pada tidur dan menyebabkan rasa lelah pada pagi hari.

Pada riset pertama, peneliti melibatkan 82 pekerja level menengah untuk mengisi survei tiap hari selama 2 minggu. Hasilnya, penggunaan smartphone hingga larut malam memengaruhi tidur. Akibatnya, pekerja kurang perhatian dan motivasi saat kerja keesokan harinya.

Pada riset kedua, peneliti melibatkan 161 responden dari berbagai level pekerjaan untuk mengisi survei yang sama. Namun, menurut Harvard Business Review Blog Network, peneliti memasukkan alat lain seperti televisi, laptop, komputer, dan tablet untuk mengetahui perbedaan efek yang diberikan. Hasilnya, efek negatif tidur akibat penggunaan smartphone lebih kuat dibanding alat lainnya.

Riset ini sekaligus mendukung temuan yang dikeluarkan American Medical Association's. Dalam riset tersebut, paparan cahaya pada malam hari, termasuk penggunaan sejumlah gadget, akan mengganggu jam dan meningkatkan gangguan tidur. Hal ini terutama terjadi pada anak dan orang dewasa.

Untuk itu, peneliti menyarankan untuk menonaktifkan handphone setidaknya selama tidur. Sehingga tubuh juga bisa beristirahat dengan normal dan bangun dalam keadaan lebih segar.

Editor : Gitarama

Baca Lainnya

Latest