Follow Us

Huh, Susahnya Jadi Mahasiswa!

- Senin, 13 Juli 2015 | 04:17
Huh Susahnya Jadi Mahasiswa
Hai Online

Huh Susahnya Jadi Mahasiswa

Bangga, berasa keren, dan punya segudang target. Begitulah biasanya ciri-ciri mahasiswa baru. Wajar, sih, namanya juga baru lepas dari bangku sekolah dan menyandang status mahasiswa.

Tapi dalam kenyataannya, kuliah itu nggak seperti yang kita bayangkan, kok. Boleh aja bangga kuliah di jurusan paling top. Kamu juga boleh bangga jadi anak kos, yang bisa sesuka hati ngapain aja, karena jauh dari ortu. Eits, boleh aja, sih, punya ekspektasi tinggi, tapi menyandang status mahasiswa itu nggak selamanya seperti yang kita bayangkan ketika lulus SMA. Bahkan mungkin lo bisa-bisa pengen kembali ke SMA.

Nah, buat yang baru masuk kuliah, HAI kasih tahu gambaran sekilas tentang campus life yang sebenernya. Mungkin suatu saat lo akan mengalami hal yang sama seperti temen-temen kita ini.

Ekspektasi:

Yakin lulus sesuai target tentunya ada di to do list kita paling atas. Apalagi bisa masuk tanpa tes, hanya bermodalkan nilai bahasa Inggris yang bagus dan rapot terakhir, bikin pede kita makin menjulang. Ditambah lagi, masuknya di universitas nagri. Wah! Sudah pasti berasa semuanya bakal berjalan lancar.

Kenyataan:

"Jurusan awal gue itu Business Studies. Awalnya gue kira gampang, tapi ternyata basis mereka pake bahasa Inggris semua literaturnya. Bahasa Inggrisnya agak susah dan nggak ada yang pake bahasa Melayu. Akhirnya semester 2 gue nyerah dan belajar bahasa Inggris lagi selama 3-4 bulan, sebelum pindah jurusan. Tapi emang belajar basisnya bahasa Inggris emang susah," terang Rahendra Muhammad Baskoro yang sekarang berstatus mahasiswa semester 9 jurusan Business Marketing di Limkokwing University Malaysia, cowok yang lagi ngejar lulus tahun 2016 ini.

Solusi:

Les Bahasa Inggris terutama conversation dan writing jadi keharusan. Mestinya disiapin jauh-jauh hari sebelum masuk kuliah. Lebih bagus lagi pas masih SMA.

Ekspektasi:

"Ekspektasi gue waktu awal masuk kuliah Hukum, kudu banyak menghafal pasal-pasal dan peraturan gitu. Ribet, berat, dan susah. Tapi tugasnya dikit," aku Alpin Reksa, mahasiswa Hukum di Universitas Diponegoro, Semarang.

Kenyataan:

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest