Follow Us

Wallet-neuropathy, Bahaya Nyimpan Dompet di Saku Celana Belakang

- Rabu, 17 Juni 2015 | 07:25
Wallet neuropathy Bahaya Nyimpan Dompet di Saku Celana Belakang
Hai Online

Wallet neuropathy Bahaya Nyimpan Dompet di Saku Celana Belakang

Gejala wallet-neuropathy atau kelainan syaraf gara-gara dompet ternyata sering terjadi lho, terutama pada cowok-cowok yang punya kebiasaan menyimpan dompet di saku belakang celana mereka. Meski jumlah penderita kelainan saraf yang mengaku sakit gara-gara dompet nggak banyak, namun hal itu ada benarnya juga.

Seperti yang diungkapkan oleh banyak ahli fisioterapi di Amerika. Mereka menemukan keluhan sakit punggung bagian bawah meningkat setiap tahunnya. Menurut pengamatan, hal itu tidak lain tidak bukan disebabkan oleh posisi dompet yang menekan saraf di tubuh bagian belakang. Proses terjadinya biasanya dikarenakan dompet menekan saraf tubuh saat kita mengemudi, duduk dikursi_yang terlalu lama, atau berbaring terlentang dan posisi lain sebagainya.

Gejala yang timbul karena wallet-neuropathy ini diantaranya dapat menyebabkan cepat lelah, kesemutan, nyeri sendi, dan sakit punggung bagian bawah. Terkadang bentuk linunya akan terasa bukan hanya pada bagian tulang belakang, tetapi juga merasa sakit atau nyeri atau bahkan mati rasa adalah pada pergelangan kaki, kaki bagian bawah dan pada saat berjalan, duduk atau berbaring di tempat lain.

Hal itu terjadi akibat dari kebiasaan duduk dengan dompet di saku belakang celana tadi yang lama kelamaan bisa membuat posisi tulang belakang menjadi tidak sejajar. Alhasil secara tidak sadar bahu menjadi merosot dan kemudian menyebabkan nyeri pada leher, punggung, bahu dan sekitarnya.

Sciatic adalah nama saraf yang terdapat di sepanjang sumsum tulang belakang. Menurut pakar kesehatan tulang dan sendi dari RS Siloam Surabaya, dr Benedictus Megaputera, SpOT, saraf ini memanjang hingga kaki, dan jika mengalami tekanan berbeda saat duduk bisa menjadikan suatu masalah. Sciatic juga merupakan sekumpulan gejala yang mempengaruhi 3 kerja saraf, yakni sensorik, motorik, dan refleks.

Jadi harus gimana kalau udah terlanjut suka nyimpen dompet di saku belakang celana? Apa ada cara yang baik menyimpan dompet?

Begini, dengan alasan kesehatan, dr Ega menyarankan untuk menyimpan dompet di dalam tas atau di saku depan. Lagipula, menyimpan dompet di saku belakang cenderung lebih rentan kecopetan. Selain itu buat yang udah kadung hobinya meletakkan dompet di saku belakang lebih baik lakukan beberapa hal berikut:

1. Peregangan atau pemanasan sebelum duduk 2. Keluarkan dompet dari saku belakang (pas duduk aja) 3. Usahakan bokong dalam keadaan rata waktu duduk atau bersandar 4. Mulai pikirkan meletakkan dompet di tempat lain selain bokong, tas adalah cara terbaik. Gimana?

Editor : Hai

Baca Lainnya

Latest