Follow Us

7 Cerita Jokowi Muda

- Senin, 20 Oktober 2014 | 07:47
7 Cerita Jokowi Muda
Hai Online

7 Cerita Jokowi Muda

Orang hebat berawal dari masa muda yang hebat juga, bahkan dengan kisah perjuangan dan kerja keras yang panjang, kita bisa merasakan manisnya hidup setelah lama berlelah-lelah.

Nah, Sang Presiden Baru, Joko Widodo atau akrab dikenal sebagai Jokowi saja menjadi salah satu contoh dari sekian banyak anak muda yang telah sedang bekerja keras dan kemudian nama sukses melekat dalam dirinya. Dari sana, kemudian banyak orang yang terinspirasi dari kisah perjuanganya tersebut.

Nggak banyak mungkin yang tahu siapa sebenarnya Jokowi, terlebih mengenal sosok Mulyono, nama yang sempat melekat di usia mudanya. Meski beberapa media dan film pernah mengungkap kisah lama Jokowi, kenapa nggak kita sebagai anak muda belajar mengenal lagi Sang Presiden ke-7 yang baru saja dilantik itu.

Dengan terpilihnya Jokowi sebagai Presiden RI ketujuh, HAI merangkum tujuh fakta yang mengantar Jokowi muda menjadi seperti sekarang ini. Mari kita telisik!

Pelit Nggak Pelit

Jokowi kecil memang terkenal pelit. Bukan, bukan karena termasuk golongan keluarga menengah ke bawah. Jokowi itu pelit untuk satu hal, yaitu ngasih contekan.

Yap, saat duduk di bangku SMAN Negeri 6 Solo, Mulyono (nama kecil Jokowi.red) nggak pernah mau ngasih atau dikasih contekan dari dan untuk teman-temannya di kelas. Meski pada saat tes atau ujian sekolah, ada soal yang susah dan teman-temannya kesulitan parah, Jokowi tetap nggak akan membantu. Digoda, diiming-imingi banyak hal, dia tetap bertahan. Bagi dia kejujuran itu penting.

"Dia itu enggak bakalan nyontek atau niru jawaban dari temannya kalau ujian. Dia juga pelit, enggak mau ngasih tau jawabannya kalau temannya nanya atau enggak bisa ngerjain. Saya yang orang dekatnya saja enggak pernah dikasih tahu kalau saya enggak bisa ngerjain soal. Dia itu pelit kalau ulangan, tapi konsekuen," kata Nurwindu, Sahabat Jokowi pas di SMA Negeri 6 Solo.

"Dia itu juga nggak bilang-bilang kalau mau daftar ke Fakultas Kehutanan. Padahal saya juga mendaftar ke sana, ternyata dia yang diterima, saya tidak. Itulah Jokowi, diam-diam nggak banyak bicara, ternyata malah berhasil," terangnya lagi.

Pesakitan

Jokowi memang pintar, tapi ketika masih muda, dia sempat mengalami derita jatuh sakit. Akibatnya, dia ditolak untuk diterima di sekolah favoritnya SMAN 1 Solo. Jadi ceritanya, pas lulus dari SMP Negeri 1 Solo tahun 1978, Jokowi berharap bisa melanjutkan sekolah ke SMA Negeri 1 Solo. Selain sekolah favorit itu dipilih kawan-kawan SMPnya, dia juga mau mendapat pelajaran yang keren di sekolah tersebut.

Berambisi untuk masuk daftar di sekolah tersebut, harapan Jokowi harus pupus karena mengalami sakit Tifus. Alhasil, cowok bertubuh kurus itu pun menjadi siswa ke SMA lainm yakni SMA Negeri 6 Solo.

"Waktu itu Mas Jokowi sampai nggak masuk seminggu. Sampai telat mengikuti pelajaran sekolah," kata Nurwindu.

Editor : Hai

Baca Lainnya

Latest