Follow Us

Yuk Sukses Jadi Entrepreneur Lewat Kolaborasi DOKU & Shopify

- Selasa, 26 Agustus 2014 | 06:28
Yuk Sukses Jadi Entrepreneur Lewat Kolaborasi DOKU Shopify
Hai Online

Yuk Sukses Jadi Entrepreneur Lewat Kolaborasi DOKU Shopify

Jadi pebisnis (entrepreneur) selagi muda kenapa nggak? Udah banyak teman-teman kita yang kaya di usia yang masih segar dan bersemangat. Bahkan, untuk memulai dan membesarkan bisnis yang ada, kita bisa menggunakan platform lain yang mungkin bisa memudahkan jalan kita menuju kesuksesan.

Nah, ketika sebuah bisnis sudah menjadi lebih besar, menurut Brennan Loh, Head of Business Development Shopify, kita hanya akan membutuhkan sebuah alat yang lebih canggih dan membuat sebuah toko online dengandomainpribadi yang fiturnya lengkap Dan semua itu ada di www.shopify.com.

Sejak mengoperasikan platform toko online ini pada tahun lalu, minat terhadap Shopify di Indonesia semakin banyak, dan kerjanya sanggup menggenjot penghasilan para penjual online dari Tanah Air. Bahkan, sampai saat ini, Shopify telah membantu lebih dari 100.000 pengecer online dan menghasilkan uang lebih dari ratusan juta USD di seluruh dunia.

"Situs e-commerce yang paling banyak di seluruh dunia adalah yang menjual pakaian, tetapi di Indonesia pengguna Shopify datang dari jenis yang beraneka ragam. Bukan sekadar menjual pakaian, namun banyak juga yang menjual tas, kerajinan, aksesories dan bahkan bahan makanan. Fenomena ini hampir sama seperti yang ada di Amerika Utara dan Eropa," katanya seperti dilansir dari dailysocial saat kunjungannya ke Indonesia akhir tahun lalu.

Brennan juga bilang, Indonesia punya beberapa marketplace yang bagus seperti Tokopedia atau Tokobagus.com misalnya, hanya saja ia punya pendapat kalau mereka (penjual online) juga butuhkan suatu tempat untuk membesarkan brand mereka sendiri.

"Mereka butuh menjual brand mereka sendiri di website mereka yang terintegrasi dengan sosial media seperti Twitter, Facebook, atau Instagram. Di Shopify semua itu tersedia, maka dalam waktu singkat, akan banyak entrepreneur menggunakan Shopify sebagai media mereka berjualan," ungkapnya. Beberapa waktu lalu.

Sejalan dengan itu, Penyedia platform toko online asal Kanada ini pun menggandeng DOKU sebagai mitra pembayaran online pertama di Indonesia untuk berkolaborasi memudahkan transaksi e-commerse bagi pebisnis online kita. Dengan solusi terpadu yang ditawarkan keduanya, kini online seller akan dapat langsung memiliki toko online sekaligus menerima pembayaran online untuk DOKU Wallet, kartu kredit dan transfer bank.

" Yang unik dari kolaborasi bersama Shopify ini adalah hadirnya metode pembayaran DOKU yang sudah terintegrasi di menu pilihan check-out dalam Shopify, sehingga online seller nggak perlu melakukan proses instal aplikasi terpisah," kata Imam Akbar Hadikusumo, DOKU Myshortcart Head saat merilis program ini kepada HAI melalui pres rilisnya, Senin kemarin.

Mulai Usaha Online di Shopify

Hal ini, lanjutnya akan memungkinkan para online seller untuk membuat toko online yang sudah dilengkapi oleh sistem pembayaran dan siap beroperasi dalam waktu singkat. Wah asik nih!

Apalagi secara global, saat ini Shopify melayani sekitar 100,000 toko online dari 150 negara di dunia. Khusus di Indonesia, Shopify mencatat lebih dari 400 toko online berjalan di atas platform Shopify. Cara membuat toko online ala Shopify-DOKU inipun sangatlah mudah. Online seller cukup mendaftar melalui www.shopify.com , memilih template yang diinginkan, upload detail barang/layanan yang akan dijual ke toko online mereka masing-masing, toko online langsung dapat beroperasi dan menerima metode pembayaran DOKU dalam hitungan menit.

"Kami sangat optimis akan potensi pertumbuhan ecommerce di Indonesia sejalan dengan semakin meningkatnya penetrasi internet dan smartphone. Prioritas kami disini adalah untuk merangsang bakat-bakat kewirausahaan yang belum terolah dan memastikan mereka dapat sukses, dengan menyediakan platform sarat fitur yang mudah digunakan, dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan ekonomis untuk memulai usaha," kata Harley Finkelstien, Chief Platform Officer, Shopify.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada akhir 2013 mengungkapkan bahwa dari 17 juta UKM di Indonesia, hanya sekitar 75.000 UKM yang memiliki toko online. Hal ini menunjukkan peluang yang sangat besar untuk model bisnis seperti Shopify-DOKU berkembang di Indonesia.

Sebagai gambaran, sejak DOKU diluncurkan pada bulan Juli 2013, tingkat pertumbuhan bisnis ini naik sebesar 300% dan sudah sanggup memproses 4000 transaksi di semester pertama 2014. Dengan begoitu, DOKU Myshortcart ini dapat dijadikan solusi pembayaran instan dari DOKU untuk para online seller.

Selamat mencoba!

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest