Follow Us

Double Kombo Ekskul di SMA Pangudi Luhur Jakarta

- Rabu, 22 Mei 2013 | 04:23
Double Kombo Ekskul di SMA Pangudi Luhur Jakarta
Hai Online

Double Kombo Ekskul di SMA Pangudi Luhur Jakarta

BRABAS

Brawijaya Basketball Association atau yang dikenal dengan Brabas ini merupakan nama panggilan bagi ekskul basket SMA Pangudi Luhur Jakarta. EKskul yang berdiri sejak tahun 1965, merupakan salah satu ekskul yang disegani SMA Pangudi Luhur. Bukan tanpa alas an jika ekskul ini sangat disegani, sudah banyak prestasi yang didapatkan seperti pada selama tahun terakhir berhasil Juara 1 Al-Izhar Cup, Juara 1 SMA Binus BSD dan Juara 2 SMA Don Bosco.

Pada latihanya, barabas biasa melakukan latihan di Hall C, Gelora Bung Karno. Asiknya lagi, ketika sesi latihan digelar, anggota ekskul brabas saling terbuka dengan mengajarkan satu sama lain. Contohnya, nih, ketika ada siswa yang nggak bisa melakukan lay up, anggota yang lain dengan secara sukarela mengajarkan sehingga akhirnya siswa tersebut bisa lay up tanpa membedakan senior dan junior.

Sementara untuk latihan fisiknya, mereka biasa melakukan latihan di salah satu taman kota yang nggak jauh dari SMA Pangudi Luhur, yang berlokasi di Jalan Brawijaya IV, Kebayoran baru, Jakarta Selatan. Latihan fisik ini terdiri dari lari, push up, sit up, dan pull up.

"Asiknya ekskul brabas itu, disini kami menjaga kekompakan satu sama lain, jadi walaupun selelah apapun ketika latihan, dengan kekompakan yang terjalin seakan nggak begitu terasa. Kami juga biasa sering bercanda, namun apabila sudah bertanding kami melakukannya dengan serius." Bilang Raka Akmal, ketua ekskul Basket SMA Pangudi Luhur Jakarta.

Nah, ketika demo ekskul diadakan diawal tahun ajaran baru, ekskul brabas juga turut secara aktif mencari anggota baru. Dan biasanya, anggota yang masuk pun nggak jauh-jauh dari yang memang sudah memiliki hobi bermain basket.

"Alasan gue ikut ekskul Brabas itu, karena gue memang sudah memiliki hobi dengan basket. Dan dengan bergabungnya gue di Brabas, gue semakin banyak mempelajari teknik baru dan pengalaman bertanding dengan mengikuti ajang kopetisi yang dipertandingkan." Tutup Raka Akmal

BRAFA

Sebagai sekolah yang diisi oleh cowok-cowok sudah pasti ekskul yang dihadirkan pun nggak jauh dari yang diminati para cowok. Yap, seperti halnya dengan BRAFA (brawijaya Football Association), ekskul yang mewakili siswa yang memiliki hobi bermain sepakbola dan futsal.

Sudah banyak juga prestasi yang diperoleh oleh ekskul brafa ini, salah satunya adalah juara 2 Daha Cup VI yang diselenggarakan belu lama ini SMAN 82 Jakarta. Uniknya, ketika ekskul ini menggelar latihan, teman-teman ekskul Brafa lebih memilih untuk latihan di SMP Pangudi Luur yang berada di kawasan Fatmawati dikarena lapangan yang disediakan disana jauh lebih besar disbandingkan dengan yang disediakan oleh sekolah mereka.

Teman-teman Ekskul Brafa jga biasa melakukan latihan selama dua kali seminggu, dan pada setiap bulannya, mereka selalu melakuakan latihan fisik dengan cara memutari lapagan sepakbola dGelora Bung Karno selama 5-10 putaran. Wah, latihan fisiknya cukup berat juga yah.

"Iya kami memang iasa melakukan latihan setiap bulannya dengan memutari lapangan sepakbola di Gelora Bung Karno. Hal ini untuk melatih fisik di setiap anggotanya, yang ditambah dengan latihan dasar serperti push up dan sit up," ujar Ananditho Tyasmoro, Salah satu anggota Brafa.

Ada yang unik juga, lho dari ekskul brafa ini, mereka nggak punya pelatih yang mengajarkan di ekskul ini. Jadi, ketika latihan digelar mereka hanya mengandalkan kekompakan sesame anggotanya untuk dapat saling mendukung satu sama lainya dan berlomba untuk mengasah teknik personil dari masing-masing personil.

"EKskul Brafa itu memang nggak ada pelatihnya. Walaupu begitu bukan berarti ekskul brafa bisa disepelekan, di sini kami saling belajar sesame anggotanya dan melatih teknik individual masing-masing." Tambah Ananditho Tyas.

Untuk lengkapnya baca aja halaman Skulizm di Majalah HAI edisi 20 Terbit 20-26 Mei. Jangan sampai kehabisan!

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest