Follow Us

Bedanya Ilmu Kimia dan Teknik Kimia

- Jumat, 20 Februari 2015 | 09:28
Bedanya Ilmu Kimia dan Teknik Kimia
Hai Online

Bedanya Ilmu Kimia dan Teknik Kimia

Saya seorang pelajar yang berminat pada bidang kimia namun bingung menentukan pilihan untuk kuliah kimia MIPA atau teknik kimia. Mohon rekan-rekan milis dapat membantu saya menentukan pilihan.

Demikian potongan sebuah surat elektronik yang muncul di milis kimia_indonesia. Rasanya, banyak pelajar SMA lain yang juga kebingung tentang dua hal ini. Jika kamu salah satunya, maka carilah perbedaan antara ilmu kimia dan teknik kimia, biar pas kuliah dan kerja nggak salah jurusan sebelumnya.

Apa yang Dipelajari?

Mari kita mulai dulu dengan definisi ilmu kimia dan teknik kimia.

Ilmu kimia (chemistry) adalah ilmu yang menyelidiki sifat dan struktur zat, serta interaksi antara materi-materi penyusun zat.

Teknik kimia (chemical engineering) adalah ilmu yang mempelajari rekayasa untuk menghasilkan sesuatu (produk) yang bisa digunakan untuk keperluan manusia, berlandaskan pengetahuan ilmu kimia.

Dari definisi ini, ada tiga poin yang akan kita lihat.

Poin 1: Sifat: Eksplorasi vs Aplikasi

Salah satu kegiatan dalam ilmu kimia adalah mencari zat atau reaksi baru. Sementara itu, teknik kimia tidak berupaya mengembangkan zat, struktur, atau reaksi baru, tetapi ia mengaplikasikan dan mengembangkan yang sudah ada. Namun yang perlu dicatat, walaupun teknik kimia tidak mencari sesuatu yang baru dari sisi kimia, namun ia mencari sesuatu yang baru dari sisi teknik produksi.

Poin 2: Orientasi: Ilmu Pengetahuan vs Industri

Misalkan ada sebuah reaksi yang ditemukan sebagai berikut : A + B -> C + D

Maka, hasil reaksi terbentuk dengan perbandingan C sebanyak 70% dan D 30%. Dari hasil reaksi itu bisa saja produk yang berguna adalah D. Tinggal bagaimana cara memisahkannya. Nah, terhadap reaksi tersbeut, bidang ilmu kimia dan teknik kimia akan bersikap berbeda.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest