Follow Us

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia

- Rabu, 25 Maret 2015 | 04:13
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik FISIP Universitas Indonesia
Hai Online

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik FISIP Universitas Indonesia

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia didirikan demi pengembangan mutu pers di Indoensia, tapi karena banyak jurusan yang seru, fakultas ini sempat jadi yang terfavorit di UI sehingga jumlah mahasiswanya jadi yang terbanyak.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Indonesia disingkat FISIP UI resmi berdiri sejak tahun 1968. Pada masa itu, FISIP UI merupakan salah satu fakultas dengan jumlah program studi dan mahasiswa terbanyak di lingkungan Universitas Indonesia. Dibilang seperti itu karena sejak berdiri sampai dengan tahun 2005, FISIP UI berkembang dengan pesat sehingga memiliki 35 program studi dengan 52 program kekhususan,dan pada pertengahn semester 2008 jumlah mahasiswa FISIP mencapai 6.390 orang.

Fakultas ini pun akhirnya mengelompokan departemennya menjadi 8 yaitu: (1) Departemen Ilmu Komunikasi; (2) Departemen Ilmu Politik; (3) Departemen Ilmu Administrasi; (4) Departemen Kriminologi; (5) Departemen Sosiologi; (6) Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial; (7) Departemen Antropologi; dan (8) Departemen Ilmu Hubungan Internasional.

Lahir dari Jurusan Publisistik

Sebelum menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), awalnya fakultas ini masih berupa Departemen Ilmu Komunikasi yang merupakan bagiian dari Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Masyarakat (FH-IPK) Universitas Indonesia (UI). Namun pada akhir 1959 dibentuk satu jurusan Publisistik yang tujuannya agar wartawan dapat mengembangkan jiwa kejurnalistikan mereka dengan menyediakan sarana belajar yang menjadi tempat mereka untuk mengembangkan mutu pers, yang terkhusus untuk pendidikan di bidang jurnalistik.

Melihat banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi dan perkembangan yang pesat dari segi keilmuan maupun pemanfaatan dalam ilmu praktis, terlebih lagi ilmu di bidang sosial. Maka mulai dikembangkanlah ilmu-ilmu lainnya seperti sosiologi, ilmu politik dan ilmu administrasi. Karena gagasan tersebut dianggap bagus, maka diadakan sebuah lokakarya oleh pihak UI di tahun 1962, bidang ilmu sosial yang ada dalam bagian FH-IPK meliputi enam jurusan yaitu Ilmu Publisistik, Ilmu Politik, Ilmu Administrasi, Sosiologi, Kriminologi, dan Ilmu Kesejahteraan Sosial mulai dipisahkan.

Nama Panjang FISIP UI

Per tanggal 1 Februari 1968 status Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Masyarakat (FH-IPK) ditingkatkan menjadi Fakultas Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan Universitas Indonesia (FIPK UI) Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Perguruan Tinggi. Kemudian pada tahun 1970 Fakultas Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan Universitas Indonesia kemudian berubah menjadi Fakultas Ilmu-ilmu Sosial Universitas Indonesia melalui Surat Keputusan Rektor Universitas Indonesia, Status Fakultas Ilmu-ilmu Sosial Universitas Indonesia (FIS UI) sebagai salah satu yang berdiri sendiri diperkuat dengan adanya Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Hingga pada tahun 1982 nama Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial Universitas Indonesia (FIS UI) diubah menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia.

Program Studi FISIP UI

Sejak tahun 2003, istilah jurusan di FISIP UI diubah menjadi departemen. Sampai sekarang FISIP UI memiliki delapan departemen, yakni:

Departemen Ilmu Komunikasi

Departemen Ilmu Politik

Halaman Selanjutnya

Departemen Ilmu Administrasi
1 2

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest