Follow Us

Kenali Penyakit ALS

Ega Hai - Selasa, 26 Agustus 2014 | 10:29
Kenali Penyakit ALS
Ega Hai

Kenali Penyakit ALS

Kita udah sering melihat selebriti Hollywood maupun Indonesia, tokoh publik, pemain bola sampai orang biasa melakukan Ice Bucket Challenge (IBC). IBC adalah gerakan menyiram diri sendiri dengan air es sebagai bentuk inisiatif menggalang dana untuk penelitian penyakit ALS.

Tapi kamu udah tahu belum apa itu penyakit ALS? Penyakit amytrophic lateral sclerosis (ALS) atau yang dikenal juga dengan penyakit Lou Gehrig belakangan ini banyak disebut karena menjadi alasan bagi banyak orang di berbagai belahan dunia untuk melakukan Ice Bucket Challenge. Banyak selebriti melakukan ice bucket challange untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit ALS.

Bagaimana dengan di Indonesia, apakah penyakit ini ada? Dokter spesialis saraf dari RS Islam Pondok Kopi, Gea Pandhita, mengatakan, prevalensi ALS masih terbilang kecil di Indonesia. Meskipun belum ada data jelas terkait penyakit ini, tetapi diperkirakan prevalensinya kurang dari 2 per-100.000 penduduk yang didiagnosis setiap tahunnya.

"Kalau di Amerika Serikat, ada 5.000 orang per tahunnya yang terdiagnosis dengan ALS, tetapi di Indonesia masih belum ada datanya," ujarnya saat dihubungi Kompas Health, Jumat (22/8/2014).

Baca Juga: Ice Bucket Challenge Ternyata Berbahaya Buat Kesehatan!

ALS rata-rata terdiagnosis di usia 40-50 tahun dan paling banyak dijumpai pada pria. Faktor terbesar penyebab penyakit ini adalah genetik. Alias sudah memiliki gen pembawa yang meningkatkan risikonya terkena ALS.

Penyakit ini juga dapat diturunkan, meskipun belum jelas peningkatan risikonya bila memiliki keturunan ALS. Pasalnya, penurunan ALS belum tentu berasal dari orangtua, tetapi bisa juga dari keturunan generasi sebelumnya.

Baca Juga:

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest