Follow Us

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI)

- Jumat, 20 Februari 2015 | 10:17
Fakultas Teknik Universitas Indonesia FT UI
Hai Online

Fakultas Teknik Universitas Indonesia FT UI

Semangat biru yang menggebu-gebu, inilah dia Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Yap, salah satu fakultas yang terkenal dengan logo dan atau warna biru adalah fakultas teknik. Begitu juga dengan Fakultas Teknik Universitas Indonesia atau FT UI. Logo kampus ini pun mengusung warna biru dongker.

Sejarah FT UI

Berawal dari tawaran kaum muda Insinyur, yang tergabung dalam Perkumpulan Insinyur Indonesia (PII), kepada Presiden Republik Indonesia pertama Ir. Soekarno, untuk membenahi jalan-jalan protokol di Jakarta yang rusak berat. Pada waktu itu Jakarta sedang mempersiapkan diri untuk Pekan Olah Raga Internasional GANEFO. Tawaran ini disambut dengan baik oleh Bung Karno. Jadilah kesempatan langka ini diberikan dan dengan syarat pekerjaan harus dapat diselesaikan dalam waktu dua minggu. Dipimpin oleh Ir. Slamet Bratanata, Ir. Roosseno, Ir. Sutami, Ir. Soehoed, tugas negara ini dapat selesai tepat pada waktunya. Setelah tugas membenahi jalan-jalan protokol selesai, insinyur-insinyur muda yang mempunyai semangat baja ini merasa masih ada "sesuatu" lagi yang harus dikerjakan. Tapi apa? Maka muncullah ide cemerlang, "mengapa tidak didirikan saja sebuah fakultas teknik di Jakarta sehingga orang tidak perlu jauh-jauh ke Bandung untuk menuntut ilmu".

Nah, pada waktu diadakan acara menari lenso di Gedung Pembangunan (dahulu namanya Gedung Pola) untuk menghormati tamu-tamu kehormatan Ganefo, kesempatan yang baik itu tidak disia-siakan untuk menyampaikan ide tersebut kepada Bung Karno. Beliau mengatakan "datang saja besok ke Istana" dan benar saja ketika keesokan harinya menghadap Bung Karno di Istana, Bung Karno tanpa ragu-ragu menyatakan persetujuannya dan bahkan langsung pada waktu itu juga menunjuk Prof. Ir. Roosseno sebagai Dekan pertama Fakultas Teknik. Bung Karno menginstruksikan agar Fakultas Teknik ini berada di bawah naungan Universitas Indonesia, dimana Rektornya pada waktu itu adalah dr. Syarief Thayeb.FT UI Resmi Berdiri

dr. Syarief Thayeb ketika sudah menjabat Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) menerbitkan Surat Keputusan Nomor 76 tanggal 17 Juli 1964 tentang dibentuknya Fakultas Teknik. Berdirilah Fakultas Teknik secara resmi di Jakarta tanpa upacara peresmian ataupun selamatan, kecuali hanya di bawah kibaran bendera Universitas Indonesia, jadilah Fakultas Teknik, Fakultas termuda pada waktu itu.

Dari sinilah bermula sejarah Fakultas TeknikUniversitas Indonesia. Jurusan Sipil, Jurusan Mesin, dan Jurusan Elektro dibuka pada tahap pertama. Masing-masing diketuai oleh Ir. Sutami untuk Jurusan Sipil, Ir. Ahmad Sayuti untuk Ketua Jurusan Mesin, dan Ir. K. Hadinoto untuk Ketua Jurusan Elektro.

Baru pada tahun berikutnya dibuka lagi Jurusan Metalurgi dan Jurusan Arsitektur, dengan ketuanya masing-masing Dr. Ing. Purnomosidhi H dan Ir. Sunaryo S. Ir. Roosseno selaku Dekan pertama dibantu oleh Ir. Sutami selaku Pembantu Dekan Bidang Akademis, Ir. Slamet Bratanata selaku Pembantu Dekan Bidang Administrasi dan Keuangan serta Dr. Ing. Purnonosidhi H selaku Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Awal kegiatan akademis FT UI 1964 didukung oleh 30 tenaga dosen serta 11 tenaga non-akademis menyelenggarakan 32 mata ajaran.

Lulus 5 ½ Tahun

Mahasiswa tahun pertama yang mendaftar cukup mengejutkan yakni 203 orang calon mahasiswa laki-laki dan 199 calon mahasiswa perempuan. Sebagian diantaranya lulus test dan diterima menjadi mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia yang pertama. Dalam jangka waktu 5 setengah tahun, FT UI berhasil mewisuda 18 orang lulusan pertama sebagai Sarjana S1. Selanjutnya pada tahun 1985, program studi Teknik Gas dari jurusan Metalurgi digabung dengan program studi Teknik Kimia dari jurusan Mesin menjadi jurusan Teknik Gas & Petrokimia dengan ketua jurusan Dr. Ir. H. Rachmantio. Jurusan Teknik Industri merupakan yang termuda, dibuka tahun 1999 dengan ketua jurusan Ir. M. Dachyar, MSc.

7 Jurusan Teknik

Sejauh ini, Program Studi di FTUI memiliki seidkitnya tujuh departemen yang membawahi dua belas program studi sebagai kesatuan rencana belajar berdasarkan suatu kurikulum teknik, yakni :

Departemen Teknik Sipil: Program Studi Teknik Sipil dan Program Studi Teknik LingkunganDepartemen Teknik Mesin: Program Studi Teknik Mesin dan Program Studi Teknik PerkapalanDepartemenTeknik Elektro: Program Studi Teknik Elektro dan Program Studi Teknik KomputerDepartemen Teknik Metalurgi dan Material: Program Studi Teknik Metalurgi dan MaterialDepartemen Arsitektur: Program Studi Arsitektur dan Program Studi Arsitektur InteriorDepartemen Teknik Kimia: Program Studi Teknik Kimia dan Program Studi Teknologi BioprosesDepartemen Teknik Industri: Program Studi Teknik Industri

Editor : Hai

Baca Lainnya

Latest