Follow Us

Mahasiswa Ini Buat Inovasi Sosis Sehat, Cuman Pakai Dua Bahan Ini Saja!

Tanya Audriatika - Selasa, 06 September 2022 | 13:05
Veggie Sausage, inovasi sosis sehat karya Mahasiswa Unila
Dok. laman Unila

Veggie Sausage, inovasi sosis sehat karya Mahasiswa Unila

HAI-Online.com - Mahasiswa asal Universitas Lampung (Unila) membuat inovasi sosis yang sehat dan aman untuk dikonsumsi, karena dibuat dari bahan sayur-sayuran.

Inovasi produk pangan ini dinamai Veggie Sausage, dan ini merupakan gagasan mahasiswa Unila untuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKMK).

Sang Ketua, Salsabilla Aisyah Wijaya menjelaskan, Veggie Sausage merupakan sosis nabati berbahan dasar jantung pisang dan tempe berkualitas premium.

Lalu, 99 persen sosisnya terbuat dari bahan nabati.

“Veggie Sausage ini diolah dengan bumbu dan rempah pilihan sehingga punya rasa yang menarik dan pas di lidah,” terang Salsabilla, dikutip dari laman Unila, Selasa (6/9/2022).

Ada dua varian harga Veggie Sausage ini, untuk kemasan isi 7 dibanderol seharga Rp 20.000 dan kemasan isi 15 seharga Rp 40.000.

Baca Juga: Mahasiswa Universitas Brawijaya Bikin Eggshell Candy, Permen Sehat Kaya Kalsium dari Cangkang Telur

Pengemasan Veggie Sausage juga higienis sehingga aman untuk dikonsumsi masyarakat.

Salsabilla menekankan, latar belakang pembuatan sosis nabati ini berawal dari hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2021 Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Proporsi bayi 0-5 bulan yang mendapat ASI eksklusif yakni 52,5 persen. Hal ini berarti 5 dari 10 bayi kurang dari 6 bulan belum mendapat ASI eksklusif.

Menurut Depkes pada 2015, capaian ASI eksklusif di Indonesia belum mencapai angka yang diharapkan, yakni sebesar 80 persen.

Hadirnya Veggie Sausage ini bisa berkontribusi mengatasi permasalahan tersebut, karena produk ini punya segudang nutrisi yang sangat baik bagi tubuh.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest