Follow Us

Nggak Punya TOEFL Tapi Mau Kuliah di Luar Negeri, Nih 7 Negara yang Punya Jalurnya!

Tanya Audriatika - Selasa, 30 Agustus 2022 | 14:10
Ilustrasi beasiswa. Mau kuliah di luar negeri tapi nggak punya TOEFL, berikut 7 negara yang nawarin beasiswa tanpa TOEFL.
PIXABAY/ROBTOWNE0

Ilustrasi beasiswa. Mau kuliah di luar negeri tapi nggak punya TOEFL, berikut 7 negara yang nawarin beasiswa tanpa TOEFL.

HAI-Online.com - Lo punya rencana kuliah di luar negeri tapi nggak punya TOEFL? Nah, simak nih 7 negara yang tawarin beasiswa kuliah di luar negeri tanpa pake TOEFL!

Dilansir dari laman Schoters melalui Kompas.com, ketujuh negara tersebut yang menawarkan beasiswa tanpa TOEFL yakni sebagai berikut.

  1. Türkiye Burslari Scholarship
Beasiswa tanpa TOEFL dari negara Turki ini selain kelebihannya nggak ada syarat sertifikat bahasa, penerima beasiswanya juga bakal mendapatkan beasiswa penuh untuk kuliah di Turki.

Beasiswa buat program S1, S2, dan S3 ini mencakup: biaya sekolah, akomodasi asrama, tiket pesawat pulang dan pergi, dan kursus Bahasa Turki selama setahun.

Meskipun bukan jadi syarat utama, bukan berarti sertifikat TOEFL/IELTS yang udah lo punya jadi nggak terpakai.

Karena sertifikat Bahasa Inggris tetap bisa dilampirkan dan bisa jadi nilai plus saat proses seleksi.

Baca Juga: Nggak Cuman Persiapan, Begini 5 Tips Dapat Beasiswa Luar Negeri ala Mahasiswa UNESA

Selain itu, beberapa jurusan dan universitas tertentu juga meminta nilai TOEFL/IELTS, jadi sertifikatnya tetap bisa digunakan.

Selain sertifikat Bahasa Inggris, bisa juga melampirkan sertifikat Bahasa Arab atau Bahasa Perancis.

  1. Romanian Government Scholarship
Selain di Turki, lo bisa coba di Rumania, salah satu negara yang berlokasi di Eropa Tengah dan Tenggara.

Pemerintah Rumania lewat Kementerian Luar Negeri Rumania menawarkan beasiswa untuk warga negara asing yang ingin kuliah di Rumania.

Selama bukan warga negara Uni Eropa, lo bisa daftar program beasiswa ini dan nggak perlu melampirkan sertifikat kemampuan berbahasa Inggris.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest