Follow Us

Konsisten Suarakan Isu Lingkungan, Dadang Navicula: Kami Berdiri di Sini, Bermanfaat Buat Orang Banyak!

Arlingga Hari Nugroho - Sabtu, 27 Agustus 2022 | 14:05
Soal konsistensi Navicula dengan isu lingkungan, Dadang Pranoto bilang kalau mereka sudah puas berada di jalur ini sejak awal.
Navicula

Soal konsistensi Navicula dengan isu lingkungan, Dadang Pranoto bilang kalau mereka sudah puas berada di jalur ini sejak awal.

HAI-Online.com - Band grunge asal Bali, Navicula, sepertinya layak dinobatkan sebagai local heroes karena dedikasinya yang terus membuat karya dengan isu lingkungan.

Band yang kini digawangi oleh Gede Robi Supriyanto, Dadang Pranoto, Supriatmoko, dan Krishnanda Adipurba, tercatat telah menghasilkan 11 album sepanjang 26 tahun berkarya di industri musik.

Ketika ditanya soal konsistensi band yang masih membuat lagu dengan tema lingkungan, Dadang mengungkapkan kalau mereka sudah puas berada di jalur ini sejak awal.

Baca Juga: Band Grunge Asal Bali, Navicula Merilis Album Baru Archipelago Rebels

Dadang mengakui kalau sejak awal, dirinya dan Navicula sudah punya passion ngeband dengan mengangkat isu lingkungan.

Kombinasi antara main musik dengan lirik-lirik bertema isu lingkungan menurutnya jadi alasan yang kuat kenapa band ini masih bertahan sampai sekarang.

"Itu sudah kombinasi yang cukup buat aku akan diam di sini, berdiri di sini, bermanfaat buat banyak orang, selesai," kata Dadang ketika hadir di Tonight Show Net, Senin (8/8) lalu.

Baca Juga: Punya Banyak Koleksi Gitar, Robi Navicula: Ini Gitar Bikin dari Papan Skateboard!

Vokalis Robi juga mengatakan kalau isu lingkungan memang sudah seharusnya menjadi isu global yang jadi perhatian banyak orang.

"Kalau kita pikir, kita percaya bahwa setiap generasi punya isu dan topiknya sendiri-sendiri. Isu sosial sama lingkungan menurut kita sih memang isu di generasi kita," ucap Robi.

"Jadi sebenarnya ya ini [isu lingkungan] memang topik global," imbuhnya.

Baru-baru ini, Navicula merilis album kesebelasnya yang berjudul Archipelago Rebels.

Album ini dirilis bulan Juni lalu dengan 11 trek lagu yang masih tetap menyuarakan isu sosial dan lingkungan.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest