Follow Us

Review Album NIKI - Nicole: Upaya Penyegaran Karya yang Berujung Kebanyakan Filler

Alvin Bahar - Minggu, 14 Agustus 2022 | 16:05
Artwork album NIKI - Nicole
88rising

Artwork album NIKI - Nicole

HAI-ONLINE.COM - Kalo sebelumnya NIKI asik main di ranah pop dan rnb, lewat 'Nicole' doi lebih sederhana, lebih 'ngeband', dengan musik yang nyerempet indie pop/indie rock.

Eits, tapi bukan berarti NIKI ganti genre drastis ya. Sebenarnya lagu-lagu di Nicole adalah karya lama NIKI, saat ia masih pakai nama panggung "Nicole Zefanya".

Search aja judul-judul lagu di album ini ditambah "Nicole Zefanya", pasti lo bakal nemuin video-videonya.

Nah, saat itu NIKI masih SMA, dan memainkan musik bergenre acoustic pop.

Ditambah sepertinya 88rising emang sadar banyak anak muda lagu suka genre kayak begini (Folklore by Taylor Swift, Sour by Olivia Rodrigo, Phoebe Bridgers), dan belum lama ini Taylor Swift juga merekam ulang karya-karya lamanya, dari sisi marketing pun merilis 'Nicole' sangat OK.

Baca Juga: Review Album The Jansen - Banal Semakin Binal: Kalo Era 70an di Indonesia Udah Ada Band Punk, Pasti Kayak Gini

Tapi dari sisi artistik, banyak PR untuk merekam ulang lagu lama. Ditambah, karya-karya NIKI as "Nicole Zefanya" kurang sukses, kalo didengerin pun aransemennya sangat sederhana, malah bisa dibilang raw banget.

Di "Nicole", lagu-lagu tersebut diberi penyegaran. Beberapa ada yang berhasil.

Contohnya dua lagu awal, 'Before' dan 'High School In Jakarta', yang pasti nyantol di kuping dan bikin lo lanjut dengerin albumnya. Soalnya catchy abis. Pas untuk pembuka.

Namun, sisanya seperti pengulangan dan dua lagu tersebut. Banyak banget lagu yang terdengar sama dan menurut HAI, skippable.

Malah kayaknya 'Nicole' lebih kuat kalo dijadiin EP aja. Cukup masukin 'Before', 'High School In Jakarta', 'Milk Teeth', 'Oceans & Engines', dan 'Keeping Tabs' aja, misalnya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest