Follow Us

Lirik Shake It Off Dituduh Plagiat, Taylor Swift Layangkan Keberatan!

Reinaldy Royani - Rabu, 10 Agustus 2022 | 11:05
Penyanyi Taylor Swift ikut berperan dalam film Amsterdam (2022) yang bakal tayang November mendatang.
youtube.com/20th Century Studios

Penyanyi Taylor Swift ikut berperan dalam film Amsterdam (2022) yang bakal tayang November mendatang.

HAI-ONLINE.COM – Taylor Swift baru aja melayangkan mosi keberatan merespon gugatan hak cipta yang diterimanya tahun 2017 karena lagunya ‘Shake It Off’ dianggap plagiat dan mencuri lirik lagu 3LW. ‘Playas Gon’ Play’.

Melansir dari Billboard, Swift mengaku kalo benar-benar menulis lirik ‘Shake It Off’ sendiri tanpa memplagiasi siapa pun.

“Sampai dengan klaim yang ditujukan padaku di tahun 2017, aku nggak pernah denger lagu ‘Playas Gon’ Play’ dan nggak pernah denger grup 3LW juga,” ucap Taylor Swift.

Dalam mosinya, penyanyi kelahiran 1989 ini menulis kalo dia mendengarfrasa ‘haters gonna hate’ dalam banyak lagu, film, dan karya-karya lain.

“Dalam menulis lirik, aku berkaca pada pengalaman-pengalaman di hidup yang spesifik, nggak kenal henti, dan teliti. Pemberitaan clickbait, manipulasi publik, dan segala bentuk kritik negatif kepada personal menurutku adalah aku hanya perlu menghempaskannya dan fokus pada musikku,” tulis pelantun ‘This Love’ ini dalam mosinya.

Baca Juga: Taylor Swift Jadi Artis Penghasil Emisi Karbon Terbanyak Karena Doyan Naik Jet Pribadi!

“Dengan ‘Shake It Off’, aku ingin memberikan pendekatan komedik yang bisa menguatkan dan membantu orang-orang dalam merespon kritik negatif melalui musik, dansa, dan independensi personal yang bisa membuat orang menghempaskan kritik negatif itu,”

Menurut Swift, lirik ‘players gonna play’ dalam single dari album 1989 ini adalah kata-kata yang umum digunakan.

“Lirik dari ‘Shake It Off’ juga diambil dari frasa dan komentar yang sering aku dengar sepanjang hidupku. Aku sering mendengar kata-kata ‘players gonna play’ dan ‘haters gonna hate’ diungkapkan berkali-kalo untuk mengekspresikan sebuah ide yang bisa dipakai untuk menghalau hal negatif,” sambung Swift.

Baca Juga: Dwayne Johnson Bocorin 2 Lagu Taylor Swift Bakal Muncul di Film DC League of Super-Pets!

Pertama kali doi mendengar frasa ini adalah ketika masih berada di sekolah.

“Frasa yang sering aku dengar seperti “don’t hate the playa, hate the game,” “take a chill pill,” and “say it, don’t spray it.”, Aku sering memakai kata player dan hater dalam sebuah lirik seperti “Cause the players gonna play, play, play, play, play / And the haters gonna hate, hate, hate, hate, hate.”

Songwriter Sean Hall dan Nathan Butler melayangkan gugatan untuk ‘Shake It Off’ pada 2017 dan akhirny ditolak pada 2018. Namun pada Desember 2021 lalu, Hakim Distrik Amerika, Michael W. Fitzgerald menolak permintaan Swift untuk mengubur kasus ini dan bilang kalo ada cukup banyak kemiripan dari lagunya dan single 3LW ‘Playas Gon’ Play’ yang hanya bisa diputuskan oleh Juri.

(*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest