Follow Us

Punya Masalah Jerawat? Simak Nih Manfaat Cuci Muka Pake Air Es!

Reinaldy Royani - Senin, 08 Agustus 2022 | 21:05
Manfaat mencuci muka menggunakan air es, salah satunya untuk atasi jerawat
Pxfuel

Manfaat mencuci muka menggunakan air es, salah satunya untuk atasi jerawat

HAI-ONLINE.COM – Jerawat emang nyebelin dan jadi masalah untuk beberapa orang, salah satu cara mengatasinya ternyata mudah sob! Salah satunya dengan mencuci muka pake air es.

Mencuci muka dengan air es diketahui memiliki manfaat yang bisa memengaruhi kulit yang memiliki masalah salah satunya jerawat.

Melansir dari Healthline, ahli kosmetik dari Oxygenetix, Sophia Knapp mengungkapkan membasuh wajah dengan air es berdampak baik terhadap jenis kondisi kulit tertentu, salah satunya untuk seseorang dengan masalah wajah seperti jerawat dan rosacea.

"Air hangat justru menghilangkan minyak yang dapat menyebabkan jerawat. Suhu air yang hangat dapat memicu kulit memproduksi jerawat muncul lebih banyak lagi," terang Sophia.

Baca Juga: Manfaat Keringat yang Ternyata Bisa Membantu Memerangi Jerawat!

Menurutnya, suhu air yang dingin malah berfungsi sebagai pengatur kadar minyak secara alami. Lalu minyak di wajah akan lebih terkontrol ketimbang air hangat yang justru membuar kulit kehilangan kelembaban alami.

Suhu yang disarankan adalah di bawah 21 derajat celcius.

Air es nggak menyebabkan pembuluh darah melebar, jadi peradangan seperti iritasi atau jerawat nggak memerah.

  1. Mengecilkan pori-pori
Beberapa penelitian salah satunya dari Style Craze telah membuktikan bahwa suhu es dapat membantu mengecilkan pori-pori. Suhu dingin bisa bikin pori-pori tampak lebih kecil, dan membuat kulit terlihat lebih halus dan kencang.

  1. Mengurangi peradangan
Pastinya dengan air es kita akan merasakan sensasi yang segar setelah membasuh wajah. Sensasi ini ternyata bisa mengurangi wajah yang sembab dan mengecilkan aliran darah di bawah lapisan kulit.

Kalo kita rutin melakukan kebiasaan ini, yakin deh jerawat akan jarang timbul begitu juga peradangannya!

  1. Menjaga kulit tetap lembab
Suhu dingin dipercaya bisa mempertahankan kelembapan dan memberikan hidrasi lebih pada kulit secara signifikan. Manfaat ini sangat baik untuk kulit berjerawat.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest