Follow Us

Begini Tips Alami Menghilangkan Jerawat dari Universitas Medan Area!

Tanya Audriatika - Minggu, 08 Mei 2022 | 08:10
Hindari Pencet Jerawat Secara Paksa, Ini Solusi Menghilangkannya!
Indiatimes

Hindari Pencet Jerawat Secara Paksa, Ini Solusi Menghilangkannya!

HAI-Online.com - Munculnya jerawat emang nggak bisa diprediksi. Apalagi pas masuk usia remaja, munculnya jerawat nggak bisa dihitung jari.

Jerawat emang bukan penyakit menular sih, dan bukan tergolong parah, tapi kehadirannya emang nggak ada yang suka.

Banyak bertebaran obat jerawat yang bisa menyembuhkan penyakit kulit ini. Tapi kebanyakan harus dengan resep dokter setelah konsultasi.

Nah, kali ini, Universitas Medan Area (UMA) menjelaskan seputar jerawat dan cara menghilangkannya.

Melansir dari laman UMA, cara menghilangkannya kalau yang direkomendasikan dokter itu tergantung sama tiga hal ini:

  • Usia
  • Jenis jerawat
  • Taraf keparahan jerawatnya
Selesai diberikan pengobatan dari dokter, mungkin lo bisa coba cara lainnya untuk menghilangkan jerawat. Misalnya dari bahan alami sampai perawatan kulit berjerawat, seperti tea tree oil atau minyak pohon teh, gel lidah buaya, serta madu.

Baca Juga: Cowok Rajin Skincare tapi Males Ganti Sprei dan Sarung Bantal, Duh Glowing-nya Batal

Adapun bahan alami untuk mengecilkan jerawat, ada minyak kelapa, tomat, timun, dan teh hijau.

Jika obat-obatan asal dokter serta pengobatan alami nggak bisa membasmi jerawat di kulit, dokter umumnya akan merekomendasikan aneka macam pilihan terapi. Pilihan terapi ini nantinya akan dijalankan bersamaan dengan penggunaan obat-obatan.

  1. Terapi cahaya
Fototerapi atau terapi memakai cahaya sudah terbukti membantu mengatasi jerawat yang membandel. Meski begitu, masih dibutuhkan studi lebih lanjut buat menentukan metode dan takaran yang ideal.

  1. Chemical peel
Menggunakan donasi olesan cairan kimia, seperti asam salisilat serta asam retinoat, cara ini cukup manjur buat menghilangkan jerawat ringan. Chemical peel juga membantu memperbaiki tampilan kulit. Namun, manfaatnya tidak tahan lama.

  1. Ekstraksi jerawat
Menghilangkan komedo dengan ekstraksi jerawat memang bisa sebagai langkah awal yang baik pada mengobati jerawat. Ekstraksi jerawat umumnya dilakukan menggunakan indera spesifik buat mengangkat jerawat serta komedo yang belum sembuh dengan obat topikal.

Baca Juga: Cowok Butuh Skincare yang Lebih Intens Dibanding Cewek, Ini Alasannya!

  1. Suntikan steroid
Cara menghilangkan jerawat juga bisa dilakukan menggunakan menyuntikkan steroid yang dilakukan oleh dokter. Suntikan steroid ini biasanya cukup ampuh mengobati jerawat nodul dan kistik karena bisa mengurangi rasa sakit yang tak jarang timbul. (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest