Follow Us

Sering Tidur Dekat HP Ternyata Bisa Berdampak Bagi Kesehatan, Begini Penjelasan Pakarnya

Tanya Audriatika - Senin, 08 Agustus 2022 | 15:05
Tidur dengan ponsel di tangan
freepik.com

Tidur dengan ponsel di tangan

HAI-Online.com - Seringkali ketika sebelum tidur kita menggunakan HP untuk berikirm pesan atau bermain game sampai ketiduran.

Alhasil secara nggak sadar kita jadi tertidur dekat HP dalam kondisi menyala.

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Fahmi Mumtaz menyebut kebiasaan tidur dengan hp di dekat kita ini ternyata ada dampaknya bagi kesehatan.

Efeknya mungkin nggak langsung dirasakan, namun kalau hal ini dilakukan secara konsisten mungkin kita bakal mulai merasakan dampaknya.

Fahmi menyatakan kalau paparan radiasi dari HP ini bisa menyebabkan tumor otak.

Hal ini berdasarkan pada Michael Greger (2020) yang dikutip di NutritionFacts kalau otak manusia memiliki kepekaan terhadap efek radiasi HP.

Apalagi, selama pandemi ini seluruh pelajar sekolah online, sehingga anak SD pun pasti sudah mengenal hp dan mahir menggunakannya.

Baca Juga: Bocah Ciamis Tewas saat Main HP sambil Ngecas , Ini Penjelasan Kenapa Bisa Meledak!

“Hal ini membuat angka paparan HP pada masyarakat semakin tinggi,” jelas Fahmi, dilansir dari laman UM Surabaya melalui Kompas.com.

Selain memicu tumor otak, Fahmi juga mengatakan pengguna jadi mengenal fitur teleconference, lallu aplikasi hiburan (seperti game, musik digital, dan media sosial) yang di mana ini membuat aktivitas fisik penggunanya jadi berkurang, terutama di lingkungan outdoor, jadi bisa meningkatkan obesitas juga.

“Menurut penelitian Zhicong Ma et al (2021) pada siswa sekolah menyatakan bahwa prevalensi obesitas lebih tinggi pada siswa laki-laki dibandingkan perempuan,” imbuhnya.

Fahmi menjelaskan, upaya yang bisa dilakukan untuk pencegahan pertama yakni pemberlakuan penggunaan gawai terutama bagi siswa sekolah.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest