Follow Us

Bocah Ciamis Tewas saat Main HP sambil Ngecas , Ini Penjelasan Kenapa Bisa Meledak!

Reinaldy Royani - Sabtu, 06 Agustus 2022 | 14:03
Begini penjelasan kenapa ponsel bisa meledak menurut Dosen UNY
Flickr

Begini penjelasan kenapa ponsel bisa meledak menurut Dosen UNY

HAI-ONLINE.COM – Seorang bocah Ciamis bernama Ikmal yang berusia 9 tahun tewas diduga karena ledakan ponsel atau HP saat lagi di-charge. Lantas, apa penyebab ponsel bisa meledak?

Kejadian naas ini terjadi di Dusun Bojongjaya, Desa Kiarapayung, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat pada Rabu (3/8/2022).

Mengutip dari Kompas.com, korban ditemukan meninggal oleh ibunya dalam keadaan menelungkup dengan hp di dadanya. Ikmal diduga meninggal karena ledakan ponsel yang ia mainkan dalam kondisi mengisi daya.

Terdapat juga temuan luka bakar seukuran ponsel di dada Ikmal. Luka bakar juga ditemukan di leher bagian kanan.

Baca Juga: 7 Musisi yang Pernah Kasih Hukuman Buat Penonton yang Main Hape Pas Nonton Konser

Melansir dari Kompas.com, menurut Dosen Teknik Elektro dari Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Toto Sukisno, secara umum ponsel meledak karena baterai yang ada di dalamnya dan karena panas yang berlebihan.

"Potensi meledaknya ponsel secara umum diakibatkan oleh baterai. Baterai dapat meledak akibat overcharge," kata Toto.

Toto nggak merekomendasikan untuk main hp pas lagi di-charge karena bisa mengakibatkan kebocoran arus atau tercipta temperatur berlebih yang bisa memicu ledakan.

"Penggunaan ponsel dalam kondisi di-charge tidak direkomendasikan, karena berpotensi terjadinya unsafe condition," ujar Toto.

Ketika baterai lagi diisi, maka bisa membuat ponsel menjadi panas dalam waktu yang lebih cepat sehingga menyebabkan reaksi berantai yang menghasilkan lebih banyak daya panas sampai terbakar bahkan meledak.

Selain pas lagi di-charge, Toto juga menyarankan untuk nggak main handphone di tempat yang nggak semestinya seperti pom bensin.

"Tidak mengoperasikan HP di tempat-tempat khusus septerti pom bensin, pengolahan dan dan pengiriman minyak, dan tempat-tempat khusus lainnya," pungkas Toto.

(*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest