Follow Us

Nggak Nyangka, Potret Diri Pelukis Van Gogh Ditemukan Tersembunyi di Balik Lukisannya!

Tim Redaksi - Kamis, 21 Juli 2022 | 18:35
Potret diri pelukis legendaris Vincent Van Gogh ditemukan  tersembunyi di balik lukisan 'Head of a Peasant Woman'.
Neil Hanna

Potret diri pelukis legendaris Vincent Van Gogh ditemukan tersembunyi di balik lukisan 'Head of a Peasant Woman'.

HAI-ONLINE.COM - Baru-baru ini konservator di Galeri Nasional Skotlandia menemukan hal yang sama sekali nggak terduga, guys!

Mereka menemukan potret diri dari pelukis legendaris Vincent Van Gogh!

Sesaat sedang memindai sebuah lukisan karya Van Gogh, mereka menemukan potret diri pelukis itu tersembunyi di balik lukisan 'Head of a Peasant Woman' yang diselesaikan Van Gogh pada tahun 1885.

Dilansir dari Live Science pada Selasa (19/7) lalu, potret diri ini telah dikaburkan oleh lapisan lem dan karton yang telah ditempelkan di bagian belakang kanvas.

Hal ini sama sekali membuat tim konservator nggak nyangka kalau lukisan kecil itu punya sebuah artefak berharga dari pelukis terkenal.

Baca Juga: Seniman Muda Catur Agung Nugroho Bawa Kepala Banteng di Pameran 'Silang Saling: Titian dan Undakan' Asana Bina Seni 2022!

"Kami nggak berharap banyak dari lukisan kecil sederhana itu saat melakukan pemindaian. Tapi kami melihat timah putih, pigmen yang jauh lebih berat yang digunakan Van Gogh untuk wajahnya muncul setelah sinar-X menembus karton," terang Lesley Stevenson, konservator lukisan senior museum.

Sebagai informasi, lukisan ini dikerjakan Van Gogh sebagai bagian dari serangkaian karya yang berfokus pada penduduk kelas pekerja Nuenen, yaitu sebuah komunitas pertanian kecil di bagian selatan Belanda.

Baca Juga: Seniman Rizka Azizah, Angkat Mitologi Kalimantan dari Kain Makam Jadi Karya Seni di ARTJOG 2022

Saat ini pihak museum sedang menyiapkan cara terbaik untuk memisahkan potret diri Van Gogh dari lukisan 'Head of a Peasant Woman' tanpa merusaknya.

Lukisan ini nantinya juga bakal dipajang di akhir musim panas dalam pameran A Taste for Impressionism yang berlangsung di Scottish National Gallery (Royal Scottish Academy) dari tanggal 30 Juli hingga 13 November 2022.

(Arlingga Hari Nugroho)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest