Follow Us

Hobi Tidur Seharian Saat Weekend? Hati-Hati Kena Social Jet Lag

Fathia Yasmine - Kamis, 07 Juli 2022 | 16:00
Ilustrasi tidur
Dan DeLuca/Flickr

Ilustrasi tidur

Hai-Online.com – Setelah lelah beraktivitas setiap hari, tidur seharian saat weekend menjadi hal yang menarik untuk dilakukan. Namun, apakah lo tahu bahwa kebiasaan tidur seharian saat weekend rupanya bisa memicu sindrom social jet lag pada tubuh.

Sebagai informasi, social jet lag merupakan kondisi ketika jadwal tidur tidak sesuai dengan jam biologis tubuh.

Laman Verywellhealth menyebut, fenomena ini sama seperti ketika lo melakukan perjalanan antar zona waktu menggunakan pesawat.

Misalnya, ketika lo tidur dari Jumat malam sampai Sabtu sore. Artinya, lo tidur melebihi zona waktu dalam satu hari. Alhasil, lo malah merasa lelah dan sulit tidur setelahnya karena waktu untuk beraktivitas lebih minim.

Baca Juga: Sepeda Motor Elektrik Pedesaan Unpas Sabet Juara 3 EV Design Competition

Selain membuat tubuh cepat lelah, laman University of Arizona menyebut, social jet lag juga bisa memicu terjadinya berbagai keluhan kesehatan. Mulai dari sakit kepala, mood swing, rasa lelah berlebih, sampai sulit tidur.

Di samping itu, sebuah studi yang dipublikasikan oleh Molecular Psychiatry pada 2021 mengungkapkan bahwa siklus tidur yang tidak beraturan akan memicu masalah mental, seperti depresi, gelisah, dan kecemasan berlebih.

Dalam beberapa kasus, social jet lag juga bisa meningkatkan risiko serangan jantung pada orang dewasa. Semakin sering lo melakukan kebiasaan ini, maka semakin besar juga risiko terkena penyakit jantung ketika dewasa nanti.

Baca Juga: Editan Karya Cowok Indonesia Ini Pernah Dibayar Sampai Rp90 Juta, Begini Rahasianya

Mengubah kebiasaan

Meski begitu, lo enggak perlu khawatir. Dikutip dari CNN Health, social jet lag bisa diatasi asalkan lo disiplin melakukan enam kebiasaan berikut ini selama enam minggu hingga dua bulan secara berturut-turut.

  1. Biasakan tidur lebih awal dari waktu tidur di hari biasa. Misalnya, lo biasa tidur setiap jam 11 malam, maka waktu tidur menjadi maju di jam 9-10 malam.
  2. Karena waktu tidur menjadi maju, lo juga harus memajukan waktu tidur. Jika terbiasa bangun di jam 7 pagi, lo bisa membuat alarmdi jam 5 pagi. Namun, pastikan durasi tidur sudah mencapai 7-9 jam per hari.
  3. Usahakan untuk selalu tidur di jam yang sama. Jika lo mulai tidur jam 9, maka lo juga sudah harus tidur di jam yang sama, atau maksimal mundur 15-30 menit dari jam tersebut.
  4. Perbanyak paparan cahaya di siang hari dan kurangi paparan cahaya di malam hari. Termasuk paparan smartphonesebelum tidur.
  5. Jika hobi berolahraga, lakukan aktivitas tersebut di pagi hari.
  6. Segera sarapan setelah bangun pagi. Lanjutkan kebiasaan ini dengan makan siang dan malam di jam yang sama. Hindari makan setelah jam tujuh malam agar perut tidak penuh ketika beranjak tidur.
  7. Jangan minum kopi setelah jam 3 sore, dan jangan tidur siang setelah jam 4 sore.
Agar lebih mudah tidur, lo juga bisa menata kamar agar menjadi lebih rapi dan nyaman. Gunakan lampu tidur atau putar lagu instrumen agar pikiran tetap rileks selama minggu-minggu pertama.

Apabila pola rutinitas tersebut bisa dilakukan dengan secara disiplin, maka kebiasaan tidur seharian saat weekend pun bisa lo hilangkan.

Editor : Sheila Respati

PROMOTED CONTENT

Latest