Follow Us

Ketombe Bikin Nggak Pede? Begini 4 Cara Ngilanginnya ala Ners Unair

Tanya Audriatika - Rabu, 06 Juli 2022 | 08:55
Ilustrasi ketombe.
shutterstock

Ilustrasi ketombe.

HAI-Online.com - Ketombe seringkali memang bikin nggak pede, apalagi kalau sampai muncul rasa gatal di rambut, atau sampai memicu kerontokan rambut.

Ketombe ini emang udah jadi masalah rambut dan kulit kepala paling umum yang lumayan sering terjadi. Apalagi kalo lo tipikal orang yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Melansir laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Ners Unair), penyebab ketombean ini karena jarang keramas serta kurang menjaga kebersihan rambutnya.

Cara menghilangkan ketombe

Tapi ketombe buka kondisi yang berbahaya kok, dan masih bisa diatasi dengan sampo anti ketombe atau bahan-bahan alami.

Ners Unair kali ini kasih tips cara menghilangkan ketombe:

  1. Rutin cuci rambut
Kalo rambut lo tipenya mudah berminyak, rutin cuci rambut jadi hal pertama yang harus dilakukan. Dengan rutin mencuci rambut, sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di kulit kepala bisa terangkat.

Baca Juga: Ini Dia Alasan Kenapa Lo Perlu 2 Kali Sampoan Pas Lagi Keramas

Hindari mencuci rambut terlalu sering ya, karena kebiasaan ini justru bisa menghilangkan minyak alami yang ada di rambut dan kulit kepala. Akibatnya, kulit kepala bisa jadi kering dan ketombe yang semakin parah.

  1. Pakai sampo anti ketombe
Ini karena sampo anti ketombe mengandung bahan yang bisa membersihkan dan melindungi kulit kepala dari ketombe.

Mentol biasanya terkandung dalam sampo antiketombe ini bermanfaat buat menyegarkan kulit kepala dan mengurangi rasa gatal.

  1. Gunakan tea tree oil
Penggunaan tea tree oil ini dinilai bisa mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe dan mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan.

  1. Oleskan minyak kelapa
Oleskan minyak kelapa ke kulit kepala, lalu diamkan beberapa menit untuk memastikan minyak terserap ke rambut dan kulit kepala, kemudian cuci dan bilas sampai benar-benar bersih.

Minyak kelapa ini bisa membuat kulit kepala lebih lembab, sehingga bisa mengatasi masalah kulit kepala kering dan ketombe.

Nah, biar si ketombe makin nggak mau balik lagi, tips nya lo bisa mulai memanajemen stress, makan makanan sehat, batasi perawatan rambut, dan rutin menyisir rambut. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest