Follow Us

Dari Gap Year Sampai Ambil Vokasi, Ini 10 Jalan Lain Buat yang Nggak Lulus SBMPTN 2022

Al Sobry - Sabtu, 25 Juni 2022 | 07:46
Nggak lulus SBMPTN

Nggak lulus SBMPTN

HAI-Online.com - Tidak atau belum lulus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun ini bukanlah akhir dari segalanya.

Keputusan LTMPT itu juga tidak menjadi penentu kesuksesan kamu di hari yang akan datang.

Kalem saja, kehidupan terus berjalan dan masih ada begitu banyak jalan alternatif yang bisa kamu coba untuk terus menggapai cita-cita.

Nah, buat kamu yang belum berhasil masuk lewat jalur SBMPTN 2022, HAI punya rekomendasi jalan lain biar kamu tetap bisa meneruskan pendidikan dan kehidupan menjadi lebih baik lagi

Baca Juga: Jangan Kelewatan! 10 PTN Ini Buka Jalur Mandiri Pakai Nilai UTBK SBMPTN 2022!

1. Ambil Gap Year Boleh!

Ada saat-saat di mana hari-hari gagal SBMPTN bikin semangat kamu jadi drop, tenaga habis, capek secapek-capeknya.

Terlintas, ada pilihan untuk rehat sejenak. Ambil gap year untuk menenangkan diri, tunda kesibukan, santai dulu dan berencana untuk senang-senang setahun. Tentu, HAI merekomendasikan hal tersebut meski pilihan ini sebenernya bisa jadi hal terakhir yang kamu ambil. Karena pada akhirnya, kamu memang lagi sedih, maka bersedihlah secukupnya.

Setelah beres, kencangkan lagi sabuk semangat untuk mengikuti SBMPTN di tahun selanjutnya. Persiapkan lagi dengan matang dan pastikan kamu bisa melewati ujian masuk PTN di jakur seleksi bersama.

Siapkan setidaknya 3-6 bulan sebelum SBMPTN 2023 digelar, baik mental, fisik, pelajaran dan alat tulis secara lebih baik, karena lawanmu di tahun depan adalah mereka yang masih fresh otaknya. Tapi yakinlah, usaha dua kali lipat nggak akan mengkhianati hasilnya.

2. Gercep Ikut Ujian Mandiri

Barang siapa yang gigih untuk berkuliah di PTN favorit, maka jalur ketiga untuk bisa berkuliah di PTN adalah dengan mengikuti ujian mandiri yang diadakan oleh kampus tersebut.

Yap, setelah SNMPTN dan SBMPTN gagal kamu langsung gerak cepat ambil jalur ujian mandiri ini.

Informasi mengenai ujian mandiri bisa kamu dapatkan dari profil dan website resmi universitas yang dituju atau HAI juga terus mengapdet beberapa kampus yang sedang membukanya.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest