Follow Us

Mahasiswa UNJ Luncurkan Mobil Listrik, Tujuannya Biar Jadi Kampus Urban

Tanya Audriatika - Rabu, 15 Juni 2022 | 07:14
Tampilan mobil listrik Elcara-0108, hasil karya mahasiswa dan dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta.
Dok. laman UNJ

Tampilan mobil listrik Elcara-0108, hasil karya mahasiswa dan dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta.

HAI-Online.com - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) gelar Peluncuran Karya Inovatif dan Rekayasa Dosen dan Mahasiswa Fakultas Teknik UNJ yang berupa mobil listrik (shuttle bus campus) dan sepeda listrik.

Peluncuran ini digelar di Lobby Rektorat, Kampus A UNJ pada Jumat (10/6/2022).

Dekan FT UNJ, Dr. Uswatun mengatakan, hasil karya dosen dan mahasiswa ini berangkat dari gagasan dan ide rektor untuk menghasilkan alat transportasi internal kampus yang ramah lingkungan dan berteknologi masa depan.

“Hasil ini masih perlu pengembangan dan belum masuk skala industri, kedepannya kami harap bisa bikin beberapa mobil lagi dan menambah fitur-fitur unggulan lainnya,” jelas Dr. Uswatun.

Rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin, mengatakan gagasan awal pembuatan mobil listrik ini karena kita ingin UNJ jadi urban kampus, kampus yang bercirikan smart dan green kampus.

“Kita ingin di dalam lingkungan kampus itu bersih dari mobil parkir di jalan, maka kedepannya ada alat transportasi ini di dalam kampus, seperti shuttle,” ujarnya.

Baca Juga: Mau Kuliah D3 Gratis? Ada Beasiswa Penuh dari LNG Academy Nih!

Mobil listrik UNJ ini dinamai Elcara-0108, yang artinya Electric Car of Rawamangun. Angka 01 ini menjadi generasinya yang menunjukkan generasi pertama, dan 08 adalah kapasitas penumpangnya.

Proses penggarapan mobil listrik UNJ ini memakan waktu total delapan bulan.

Dengan rincian, dua bulan proses desain, dan enam bulan perakitan. Tahapan awalnya dari membuat konsep, desain konsep, desain detail, riset fitur, pengembangan komponen, perakitan body, pemasangan dan uji coba fitur, finishing, dan terakhir, uji coba.

Ada beberapa fitur unggulan di mobil listrik ini ada Smart Key for Multi User and Geofancing System, Smart Paking System for Anti Theft and Tracking System, Grid Panel Surya, dan Public Plug-in.

Nggak itu aja, ada pula Genset System for Emerging, Fast charging system 2.0 hours dan Daya motor 10 KW, BLDC, Brushless DC Motor berpendingin udara.

Mobil listrik dengan kapasitas 8 orang ini cocok untuk shuttle bus. Jarak yang bisa ditempuh pun sampai 100km, kapasitas baterai sampai 300 km. Di bagian belakang mobilnya juga ada videotron, yang bisa menampilkan video.

Dalam acara ini, turut hadir para wakil rektor, dekan, serta perwakilan mitra yang bekerja sama, seperti PT. PLN (Persero), PT. Sari Teknologi, PT. Len Industri, dan PT. Prakarsa Putra Karoseri. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest