Follow Us

Mau Ngambil Gap Year Setelah Lulus? 5 Hal Ini Harus Lo Perhatikan!

Nada Aprillia - Senin, 13 Juni 2022 | 11:31
Ilustrasi Gap Year
CollegeTransitions

Ilustrasi Gap Year

HAI-ONLINE.COM - Gap year bisa jadi salah satu cara yang efektif buat lo yang pengen banget lolos di PTN impian.

Memang mungkin ada beberapa stigma yang kurang bagus tentang gap year, kayak: "dari pada nganggur setahun, mending lo kuliah aja dimana aja deh". Padahal, banyak alasan kenapa orang memilih untuk mengambil gap year, daripada lulus SMA/Sederajat langsung memutuskan untuk kuliah.

Bisa karena masih pengen ikut tes SBMPTN lagi karena gagal di tahun ini untuk masuk kampus impian, atau terkendala dari segi financial atau kesehatan.

Namun, di balik stigma itu sebenernya banyak hal positif yang tetap bisa lo lakuin. Kayak artikel di bawah ini nih, sob!

Baca Juga: Biar Tetap Produktif, Ini 7 Hal yang Bisa Lo Lakukan Kalau Ambil Gap Year!

Nah sebelumnya, buat lo yang mau ambil gap year, 5 hal ini juga harus banget jadi perhatian lo!

Harus Persiapkan Mental!

Ngambil gap year, berarti lo tertinggal satu tahun untuk masuk dan lulus kuliah. Bakal ada masanya di mana lo ngerasa tertinggal di situasi menjalani gap year itu. Maka dari itu lo harus mempersiapkan mental, bertanggung jawab ke diri sendiri atas pilihan lo sendiri.

Lo juga bakal ada dalam situasi, di mana pertanyaan tentang keputusan lo menunda masuk kuliah itu bermunculan, entah dari temen-temen, tetangga, ataupun keluarga besar.

Karena itu, lo kudu mempersiapkan diri dan mental untuk berada di situasi dan kondisi seperti itu ya. Siapkan jawaban dan sikap terbaik lo, sob!

Tetapkan Tujuan Lo Sendiri

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest