Follow Us

Kirk Hammett : Metallica Udah Kasih Peringatan Tentang Minus-nya Streaming Musik!

Nada Aprillia - Rabu, 08 Juni 2022 | 19:35
Kirk Hammett
rollingstone

Kirk Hammett

HAI-ONLINE.COM - Nggak butuh ilmuwan pinter untuk ngerti kalo layanan musik streaming itu nggak menghasilkan bayaran tinggi untuk para artis, kecuali lo dapet jutaan streaming. Ini udah jadi topik yang dibahas secara luas selama beberapa tahun terakhir, dan Kirk Hammett menyebutkan kalo Metallica mencoba untuk memperingatkan semua orang tentang hal itu, sejak mereka punya masalah dengan Napster di awal 2000-an.

Metallica membawa Nepster ke pengadilan pada tahun 2000 atas pelanggaran hak cipta - layanan digital, yang memungkinkan siapa pun din internet untuk berbagi dan mengunduh musik secara ilegal. Itu adalah kasus pertama di mana seorang artis menggugat perusahaan berbagi file peer-to-peer.

Metallica vs Nepster 2000's
Kerrang!

Metallica vs Nepster 2000's

Metallica kemungkinan dapat menghasilkan banyak uang dari musik streaming, tetapi artis yang bisa dibilang nggak sebesar mereka mending jangan melakukan itu.

Baca Juga: Ini yang Diobrolin Para Musisi Kalo Ngomongin Chris Cornell!

Menurut Business Insider platform streaming Swedia utama Spotify membayar artis antara $0.003 dan $0.005 per streaming di tahun 2021, yang berarti dibutuhkan sekitar 250 streaming untuk menghasilkan satu dolar. The Wall Street Journal juga melaporkan kalo Apple Music, pesaing utama Spotify memberikan $0.01 per streaming di tahun yang sama.

"Kita memperingatkan semua orang kalo ini bakal terjadi. Kita memperingatkan semua orang kalo industri musik bakal kehilangan delapan puluh persen dari kekayaan bersih, kekuatan, dan pengaruhnya. Ketika perubahan monumental ini datang, lo cuma bakal mengacaukan kandang dan nggak menyelesaikan apapun atau bergerak maju," ujar Hammett kepada Classic Rock.

"Jelas ada cara baru untuk membuat musik di luar sana, tapi itu nggak seefektif industri musik pra-Napster. Tapi kita terjebak dengan itu. Perlu ada semacam titik tengah di mana keduanya bersatu, atau model lain yang baru di dalam sana!," tambah Hammett

Baca Juga: 3 Lagu Ini Ditulis Sebagai Tribute Untuk Musisi yang Udah Meninggal!

Namun, satu hal yang bikin Hammett optimis adalah bertambahnya jumlah orang yang mulai bermain gitar selama pandemi, yang menurutnya penting untuk masa depan musik. "Ada begitu banyak disorganisasi di dunia saat ini, begitu banyak perpecahan. Musik menyatukan orang. Musik mengatur orang dan pikiran mereka. Mungkin karena ada lebih banyak musisi, itu bakal bikin masa depan yang lebih baik bagi semua orang," jelas Hammett.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest