Follow Us

3 Lagu yang Didedikasikan untuk Vokalis Grunge yang Sudah Meninggal

Reinaldy Royani - Rabu, 08 Juni 2022 | 17:35
Layne Staley
Wikimedia Commons

Layne Staley

HAI-ONLINE.COM – Musik grunge yang marak di Seattle tahun 90an memang identik dengan kemuraman dan kegelapan yang dituliskan ke dalam liriknya.

Nggak sedikit juga yang menceritakan tentang perjuangan musisinya melawan adiksi obat-obatan terlarang atau merupakan tribute untuk rekan seperjuangan yang telah meninggal dunia.

Berikut HAI telah merangkum 3 lagu grunge/alternative rock yang menceritakan tentang sesama musisi grunge yang sudah tiada.

  1. Temple of the Dog – Say Hello 2 Heaven (Temple of the Dog, 1991)

Say Hello 2 Heaven’ merupakan single dari supergrup grunge yang terdiri dari personel Pearl Jam Mike McCready, Stone Gossard, dan Jeff Ament (Stone dan Jeff dulunya tergabung dalam Mother Love Bone), Personel Soundgaren Chris Cornell dan Matt Cameron (Yang bergabung pada Pearl Jam di tahun 1998). Yang artinya formasi ini adalah Pearl Jam saat ini plus Chris Cornell pada vokal.

Chris Cornell yang menciptakan lagu ini mengatakan bahwa ini adalah lagu yang ia tujukan langsung kepada mendiang Andrew Wood (Mother Love Bone) yang meninggal dunia di tahun 1990 karena overdosis.

“Contohnya, ‘Say Hello 2 Heaven’ adalah salah satu lagu yang gue tulis langsung untuk Andy Wood dan beberapa kali fans meminta gue untuk menyanyikan lagu ini untuk orang lain. Itu keren jika lagu ini bisa menjadi anthem yang membuat orang-orang merasa terhibur ketika mereka kehilangan orang yang dicintainya, tapi gue merasa lagu ini gue buat untuk satu spesifik orang dan gue nggak akan lupa orang itu, jadi gue selalu mengingatkan diri gue dan audiens tentang darimana lagu ini berasal,” ujar Chris Cornell melansir dari The Independent.

Baca Juga: Throwback MTV Unplugged Paling Gokil, Nirvana & Alice in Chains!

  1. Alice in Chains – Would (Dirt, 1992)

Would’ menjadi salah satu lagu Alice in Chains paling besar dan hampir selalu dimainkan dalam set-nya. Dirilis di tahun 1992 dan menjadi single di album ‘Dirt’, lagu ini menampilkan harmoni dari duet vokalis Layne Staley dan Jerry Cantrell yang sangat membius.

Lagu ini ditulis oleh gitaris/vokals Jerry Cantrell untuk mengenang vokalis Mother Love Bone, Andrew Wood yang meninggal karena overdosis heroin di tahun 1990.

“Waktu itu, gue kepikiran terus soal Andrew Wood. Kita selalu bersenang-senang pas lagi hang out, apalagi bareng Chris Cornell. Nggak pernah ada perbincangan serius, semuanya bercanda dan menyenangkan! Andy adalah orang yang kocak dan seru, penuh kehidupan dan sangat sedih rasanya kehilangan dia. Gue juga membenci orang yang selalu nge-judge pilihan orang lain. Jadi lagu ini selain untuk Andy, juga untuk orang-orang yang nggak peduli soal tuduhan orang lain yang nggak berdasar,” papar Jerry dalam catatannya di Music Bank.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest