Follow Us

Ramai Masalah Musisi Cover, Ahmad Dhani: Se-Indonesia Silakan Cover Lagu Saya!

Reinaldy Royani - Jumat, 03 Juni 2022 | 14:05
Ahmad Dhani
YouTube/ Sujiwo Tejo

Ahmad Dhani

HAI-ONLINE.COM – Mengenai maraknya pembicaraan terkait musisi cover yang banyak mendapatkan omongan miring dari beberapa netizen, Ahmad Dhani memberikan responnya yang cukup mengejutkan.

Dalam video unggahan VIDEO LEGEND, keyboardis Dewa 19 ini mengungkapkan kalau ia suka dengan lagu-lagu cover dan nggak setuju dengan imej buruk yang didapatkannya.

“Bagus lah, saya senang cover sekarang. Cover tuh salah satu bentuk kreativitas yang lain juga, jadi saya kurang setuju sama teman-teman musisi yang memberikan justifikasi jelek atau stigma jelek kepada penyanyi cover,”

Lalu, Dhani juga menepis anggapan bahwa musisi sejati harus menyanyikan karyanya sendiri dan nggak boleh meng-cover lagu orang lain.

Baca Juga: Baladewa Singapura Bikin Piringan Hitam Dewa 19, Satu-satunya di Dunia

“Malah ada yang bikin pernyataan ‘musisi tuh nanyi lagu sendiri bukan nyanyi cover’, Nabi siapa yang ngomong begitu? John Lennon nggak pernah bilang gitu seingat saya, Brian May, John Deacon, Roger Taylor, Jimmy Page nggak pernah ngomong gitu,”

Musisi berusia 50 tahun ini juga menyampaikan kepada para musisi kalau ingin meng-cover lagu ya cover aja!

“Jadi kalau yang mau nyanyi cover, nyanyi cover aja, itu bentuk kreativitas yang lain. Kalau ada yang sukses dan yang lain nggak suka ya berarti iri, udah gitu aja!”

Ahmad Dhani juga menjelaskan bahwa sistem cover lagu di YouTube sudah otomatis jika sang pengarang lagu terdaftar dalam publishing.

"Jadi jika seorang pengarang lagu terdaftar dalam publishing, otomatis kalau ada lagu yang dinyanyikan orang lain ya terklaim, makanya pengarang lagu harus punya publishing."

Kemudian tanpa ragu musisi yang kerap disapa Pakde ini pun mengaku senang jika lagu dari katalognya dicover banyak orang.

"Jadi saya lebih senang lagu saya dicover banyak orang, silakan. Silakan seluruh Indonesia nyanyilah cover lagu Ahmad Dhani." ujarnya.

(*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest