HAI-Online.com - Nggak bisa dipungkiri kalo ningkatin brand awareness itu udah jadi kewajiban yang harus dilakukan biar bisa bertahan di era revolusi industri 4.0 ini.
Berkaitan soal ini, Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi, Kewirausahaan, dan Alumni Universitas Airlangga (UNAIR) lewat Webinar Creative Message for Media Brand gandeng Maksum, wartawan senior dari Inti Media Utama, Rabu (18/5/2022).
Ia memaparkan sejumlah cara menulis informasi produk buat meningkatkan brand awareness.
Maksum menjelaskan, creative message untuk media brand itu menjadi bagian terpenting dari jurnalistik.
Oleh karena itu, ada sejumlah prinsip dasar yang harus diaplikasikan ketika menulis informasi produk, khususnya untk meningkatkan brand awareness.
Prinsip-prinsip ini antara lain:
Baca Juga: Dari Ketemu di Mandalika, Kini MS Glow for Men Dukung Tim MotoGP Gresini Italia
- Memprovokasi pikiran massa
- Memonopoli informasi khalayak
- Mendominasi opini publik
Selain itu, kalimat yang akrab dan mudah ditiru juga dilihat. Berikut ini teknik-teknik yang berkaitan dengan prinsip yang udah dipaparin tadi:
- Judul yang high end
- Bagian isi maksimal 500 karakter
- Satu kalimat maksimal sepuluh kata
- Konseptualisasi yang sangat teknis dan hanya bisa dipahami komunitas disiplin ilmu tertentu harus diolah dan disajikan dengan tren dan populer yang ada.
“Prinsipnya (dalam menulis) jangan mengada-ada dan jangan dipaksakan. Ada baiknya memang harus banyak membaca,” jelas Maksum.
Hal ini dimaksudkan agar penulis dapat banyak memahami pola-pola bahasa dan penyajiannya khususnya berkaitan dengan istilah-istilah tertentu guna meningkatkan brand awareness.