Follow Us

Hepatitis Misterius Masuk Indonesia, Bisa Menyerang Remaja Nggak Sih?

Nada Aprillia - Minggu, 08 Mei 2022 | 17:00
Ilustrasi Hepatitis
Kompas.com

Ilustrasi Hepatitis

HAI-ONLINE.COM – Belakangan ini lagi rame banget pemberitaan tentang hepatitis misterius yang mulai merebak di berbagai negara, sampai-sampai jadi perhatian WHO.

Dikutip melalui Kompas.com, berdasarkan laporan WHO kasus yang pertama itu ditemukan di Inggris pada awal April lalu. Per tanggal 1 Mei udah mulai menyebar di 20 negara, termasuk Indonesia.

Guru Besar Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad), Prof. Dr. Dwi Prasetyo menjelaskan kalo hepatitis misterius ini sejatinya merupakan penyakit hepatitis yang nggak diketahui etiologinya.

Pada umumnya, penyebab dari hepatitis sendiri adalah virus hepatitis tipe A, B, C, D, atau E, dan kasus kali ini nggak dari kelima tipe tersebut.

Baca Juga: Serba Cepat dan Akurat, Quicktest Luncurkan Layanan Vaksinasi dan Infuse Bar

Trus, kira-kira hepatitis misterius ini bisa menyerang remaja dan orang dewasa nggak sih? Belum bisa dipastikan sejauh ini.

Terkait hal ini, dilansir melalui Kompas.com, Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi pada Kamis (5/5/2022) mengatakan sejauh ini kasus hepatitis misterius cuma ditemukan pada anak-anak di bawah usia 16 tahun.

“Untuk pola penyebaran penyakit ini juga belum bisa dipastikan secara langsung,” jelas Nadia.

Maka dari itu, lo pada harus tetap menerapkan higiene atau praktik untuk menjaga kesehatan dan sanitasi personal, yang mana itu adalah hal terpenting saat ini untuk mencegah penularan baik bagi lo dan sekitar sebagai orang dewasa maupun adek lo atau anak-anak lainnya.

Baca Juga: Ingetin Cewek Lo, Hasil Survei Menunjukkan Perilaku Remaja Putri Dalam Menjaga Kebersihan Pada Saat Menstruasi Masih Buruk

“Belum tau kita polanya secara pasti, tapi menerapkan higiene dan sanitasi personal menjadi penting untuk cegah penularan baik pada dewasa maupun anak,” jelas Nadia.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest