Follow Us

Mari Kenali 5 Pola Pikir Ikigai, Kelola Stress Jadi Lebih Mudah

Tanya Audriatika - Rabu, 27 April 2022 | 20:00
Ilustrasi stress
iStockphoto

Ilustrasi stress

HAI-ONLINE.COM - Kehidupan sehari-hari nggak bisa lepas dari beragam masalah yang mendampingi. Hal tersebut menjadi pemicu stres yang seringkali menjadi pemberat dan merasa tidak bahagia.

Nah, hadirnya konsep Ikigai ini bisa sebagai panduan lo untuk menghadapi stres dengan lima pola pikir yang ditawarkan.

Praktisi psikologi di Ikigai Consulting & Head PT Sevima, Anandre Forastero SPsi MPsi mengungkapkan bahwa stres nggak selamanya memberikan pengaruh negatif dalam kehidupan.

Nyatanya, stres dapat menjadi pendorong performa sehari-hari jika dikelola dengan baik.

“Stres dapat menjadi penanda bahwa kita tengah berkembang dan keluar dari zona nyaman,” ungkapnya, dilansir dari laman ITS, Rabu (27/4/2022).

Dalam webinar dengan tema Build Meaningful Purposeful Life: Less Stressed and Happily, Anandre menjelaskan terdapat lima tips untuk menanggapi stres dan mengelolanya agar tidak menghambat kebahagiaan.

Baca Juga: Sekelompok Mahasiswa ITB Ciptakan Alat Deteksi Stress Berbasis Urine!

Kelima tips tersebut yakni:

  1. Menemukan arti kebahagiaan
Anandre menjelaskan pola pikir masyarakat umum yang kurang tepat adalah ketika menganggap kebahagiaan hanya berasal dari kesuksesan karir ataupun percintaan. Padahal, terdapat banyak sumber kebahagiaan lain di lingkungan sekitar.

“Definisi kebahagiaan tidak hanya terpaku pada uang ataupun hubungan asmara, tetapi juga kondisi kesehatan, spiritual, hingga hubungan keluarga,” papar Anandre.

  1. Memperbaiki pola pikir
Memperbaiki pola pikir merupakan cara kedua guna hadapi stres. Nggak cuman terpaku dengan satu sudut pandang akan membuka kesempatan dalam mengembangkan diri demi raih kesuksesan.

Sementara, keraguan berlebih akan kemampuan sendiri dapat menjadi penghambat.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular