Follow Us

Cerita Sukses Pelajar Jawa Barat Kumpulin Infaq hingga Rp4,4 Miliar, Ternyata Pake IMAN!

Al Sobry - Rabu, 27 April 2022 | 10:10
Koyam amal

Koyam amal

HAI-Online.com - Kekompakan para pelajar SMA/SMK dan SLB Negeri se-Jawa Barat ini boleh dibilang sukses karena mereka telah mengorganisir kebaikan bulan suci Ramadan.

Yap, dari kotak amal kecil di sekolah itulah mereka telah berhasil mengumpulkan infaq lebih dari Rp4,4 miliar.

Pengumpulan dana infaq tersebut dilakukan melalui program Infaq Masal Aktualisasi Masagi alia IMAN yang digagas oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar dalam upaya meningkatkan ibadah, serta mewujudkan kepedulian sosial di lingkungan pendidikan selama Ramadan tahun ini.

Baca Juga: Tips Sehat Jelang Lebaran: Turunkan Berat Badan dengan 5 Serat dari Buah dan Sayuran Ini

Seperti dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dedi Supandi, lewat pelaksanaan program IMAN ini, penyaluran dana terorganisasi di satuan pendidikan di mana cabang dinas pendidikan bertugas sebagai koordinator, sekaligus penanggung jawab di wilayahnya masing-masing.

“Panitia Provinsi kemudian menerima dan merekap laporan capaian per hari dan jumlah keseluruhan capaian program IMAN dari Cabang Dinas. Terhitung sejak 5 hingga 22 April sendiri, siswa siswi se-Jawa Barat telah mengumpulkan Rp4,4 miliar, detailnya Rp4.495.035.400,” sebut Dedi Supandi pada Senin (25/4/2022) lalu.

Dedi menyampaikan, kesuksesan program ini tidak lain juga berkat partisipasi pelajar di 848 sekolah di Jawa Barat, baik itu SMA, SMK maupun SLB Negeri.

Di mana setiap siswa di sekolah tersebut memasukan uang ke dalam kotak infaq yang dibuat oleh mereka dan setiap harinya dilaporkan ke satuan pendidikan.

Baca Juga: Jagain Otot dan Otak Kita, Ini 5 Asupan Nutrisi Penting untuk Selama Ramadan

Dari jumlah dana yang terkumpul sekitar lebih Rp4,4 miliar tersebut, Dedi menyampaikan, hampir 48 persen bagian disalurkan untuk masyarakat tidak mampu yang berada di lingkungan sekolah.

Selain itu, ada pula yang disalurkan untuk pembangunan Masjid sebanyak 19 persen. Sisanya disalurkan ke lembaga amil zakat, rumah yatim dan pondok pesantren. (*

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest