Follow Us

30 Tahun Bareng, Ahmad Dhani: Saya dan Andra Playmakernya Dewa 19

Reinaldy Royani - Rabu, 20 April 2022 | 17:30
Ahmad Dhani dan Andra Ramadhan yang 30 tahun menjadi personel Dewa 19
Instagram @andra_photo

Ahmad Dhani dan Andra Ramadhan yang 30 tahun menjadi personel Dewa 19

HAI-ONLINE – Sejak debut albumnya berjudul ’19’ dengan lagu hits ‘Kangen’ di tahun 1992, terhitung telah 30 tahun band Dewa 19 berkarir di dunia musik dan kadar legend-nya nggak usah diragukan lagi.

Selama 3 dekade tentunya bukan perjalanan yang mulus-mulus aja bagi Ahmad Dhani cs, pasang surut kesuksesan, pergantian personel terutama vokalis Ari Lasso ke Once Mekel di akhir 90an yang sempat membuat publik kaget.

Namun, buktinya Dewa 19 yang saat itu menanggalkan nomor 19 nya menjadi Dewa merilis album ‘Bintang Lima’ di tahun 2000.

Album ini menggambarkan judulnya dan terbukti sangat meledak di pasaran, laku jutaan keping, dan melebihi pencapaian album-album terdahulu.

Namun sekali lagi, di tahun 2011 Dewa 19 harus kehilangan sosok vokalis yaitu Once Mekel.

Seakan nggak bisa move on dari suara emas dua mantan vokalisnya, Andra Ramadhan sempat mengatakan dalam sebuah interview kalau susah untuk menggantikan penyanyi sekaliber Once Mekel dan Ari Lasso.

Baca Juga: Didatangi Ahmad Dhani, Ari Lasso Bakal Ikut Tur 30 Kota Dewa 19?

Diketahui Andra Ramadhan adalah satu-satunya personel Dewa 19 selain Ahmad Dhani yang nggak pernah meninggalkan band asal Surabaya ini.

Selama 30 tahun lebih mereka bermain musik bersama di Dewa 19. Dalam jumpa pers 30 tahun Anniversary Dewa 19, musisi yang kerap disapa Pakdhe ini menerangkan pengalaman band ini berganti personel.

Dewa 19 bersama Ello dan Virzha dalam konferensi pers 30 tahun band
Kompas.com

Dewa 19 bersama Ello dan Virzha dalam konferensi pers 30 tahun band

"Menurut saya, 30 tahun (usia lagu Kangen) ini wajib dirayakan karena tidak mudah. Khususnya saya sama Andra yang sudah benar-benar 30 tahun, saya sama Andra playmakernya Dewa 19," ujar Ahmad Dhani dalam jumpa pers di kawasan Kebagusan, Jakarta Selatan, Selasa (19/04/2022).

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest