Follow Us

Mengenang Pertaruhan Eksistensi Saosin dengan Vokalis Baru lewat Album Kumbang

Reinaldy Royani - Selasa, 03 Mei 2022 | 15:05
Saosin formasi tahun 2004-2010
HAI

Saosin formasi tahun 2004-2010

HAI-ONLINE.COM - Pergantian personel memang menjadi hal yang lumrah dalam tubuh sebuah band, entah itu karena perbedaan visi, arah musik, konflik atau memang sudah nggak sejalan lagi.

Namun kehilangan vokalis bisa menjadi momentum untuk sebuah band menemukan arah bermusik yang baru.

Seperti yang dilakukan band post-hardcore Saosin di tahun 2004 dengan harus kehilangan vokalis Anthony Green karena depresi dan homesick.

Vokalis yang berkarisma itu memutuskan untuk keluar dari band yang membesarkan namanya lewat single seperti Seven Years dan EP Translating the Name.

Saosin akhirnya merekrut Cove Reber yang saat itu masih berusia 18 tahun. Dengan masuknya Cove, band ini langsung menggarap album pertamanya yang bertajuk Saosin atau self-titled, album yang juga lebih dikenal sebagai album beetle atau kumbang.

Baca Juga: Simak Saosin Reunian dengan Mantan Vokalis Bawain 'You're Not Alone' dan 'Seven Years'!

Cover album self-titled Saosin
HAI

Cover album self-titled Saosin

Album ini dirilis pada September 2006 dan lekat dengan riff-riff gitar dan delay yang harmonik dan melodius.

Riff gitar di album ini masuk ke dalam Best Guitar Riffs of 2000s Rock dari Alternative Press. Single pertama ‘Voices’ menjadi lagu saah satu dari 46 post-hardcore terbaik, lalu single kedua ‘You’re Not Alone’ masuk ke Top 10 Essential Emo Power Ballads.

"Gue tahu gue punya suara yang tinggi, tapi gue sama sekali nggak pernah mencoba untuk terdengar seperti Green," ujar Cove dalam interviewnya dengan Alternative Press saat promosi album self-titled.

Selain itu, band ini juga sangat besar di MySpace kala itu, bahkan sampai ke Indonesia. Terhitung di era Cove Reber, Saosin pernah mampir ke Indonesia di tahun 2007 dan 2010.

Sampai sekarang, You’re Not Alone masih sering diputar di setiap Emo Night di Indonesia. Dari intronya saja kita sudah tahu itu lagu ini dan di part chorusnya, semuanya pasti hapal!

Halaman Selanjutnya

1 2 3

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest