Follow Us

Indies dan Melayu Bersatu, Charly Cover Lagu Rumahsakit bareng Vindes!

Reinaldy Royani - Jumat, 15 April 2022 | 11:05
Eks Vokalis ST 12, Charly Van Houten
Kompas

Eks Vokalis ST 12, Charly Van Houten

Tapi lo tahu nggak sih, kalau ternyata salah satu vokalis melayu paling sukses ini juga merupakan musisi dengan basic musik klasik dan jazz yang ternyata fans musik indies ala britpop?

Beberapa waktu lalu, Charly sempat mengunggah videonya di channel YouTube-nya, CHARLYKUSTIK yang menampilkan dirinya mengcover lagu dari Rumahsakit berjudul Hilang dengan gitar bolong.

Bermain band sejak SMP, Charly mengaku pada kala itu dia mulai menyukai musik metal seperti Suckerhead, Betrayer, dan Rotor lalu juga musik indies seperti Pure Saturday sampai Rumahsakit.

Baca Juga: Kejar Rekor MURI, Charly Van Houten Pilih Mundur dari Ajang Penghargaan Musik

“Ya, aku mengalami lah fase itu, Rumahsakit, terus jaman dulu tuh ada Kubik, Koil, dan Pure Saturday. Kalau luar aku suka Green Day, Oasis, yang gitu-gitu lah,” papar vokalis yang khas dengan rambut belah tengah itu.

Dalam YouTube VINDES, Charly juga menceritakan sejarah gayanya yang melekat dengan jaket rollink dan anting.

Vokalis asa Cirebon ini mengaku bahwa saat awal-awal berkarir ia ingin menampilkan sesuatu yang berbeda dari band-band yang ada di labelnya saat itu dan ST 12 adalah band yang dikonsep dengan matang.

“Aku cari style kayak gitu, pada waktu itu kan aku di label Trinity bareng Ungu dan yang lain. Terus aku pikir penyanyi yang ganteng banyak, yang bagus banyak. Aku boleh dong menampilkan sesuatu yang berbeda. Terus aku pakai itu anting emak-emak, aku juga jijik sebenarnya, terus rambut belah tengah,” terang Charly sambil menertawakan masa lalunya.

Baca Juga: Album Legendaris Rumahsakit 'Nol Derajat' Resmi Dirilis dalam Bentuk Digital

Konsisten dengan style yang dipilih, meskipun mendapatkan komplain dari pihak label, Charly meminta waktu tiga bulan untuk mempertahankan penampilannya dan akhirnya sempat cukur rambut dan melepas anting. Namun akhirnya semua orang melihat Charly seperti bukan menjadi dirinya.

“Di saat orang bilang musikku kampungan dan norak, justru goalnya disitu, berarti aku sukses menciptakan sesuatu, aku nggak perlu orang tahu basicku di studi musik, klasik, dan jazz, karena itu konsumsi pribadi buatku.” pungkas Charly.

Lalu seperti yang biasanya dilakukan Vincent dan Desta jika ada musisi yang datang, mereka mengadakan sesi jamming memainkan lagu-lagu hits dari bintang tamu dan lagu kesukaan mereka.

Charly memilih untuk memainkan lagu Hilang milik Rumahsakit untuk dibawakan bersama Vincent, Desta, dan Om Leo, sementara untuk hits-nya, ia membawakan Aku Masih Sayang, Rasa yang Tertinggal, Cari Pacar Lagi, dan Saat terakhir dari ST 12.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest