Follow Us

5 Adegan Luar Biasa yang Dibuat tanpa CGI, Mayoritas Filmnya Christoper Nolan

Tanya Audriatika - Minggu, 10 April 2022 | 20:05
Christopher Nolan

Christopher Nolan

HAI-ONLINE.COM - Penggemar film modern pasti udah akrab dengan aksi mewah dan adegan action yang gila. Dari gedung pencakar langit yang meledak, sampai mobil terbang, nggak ada kekurangan momen yang memukau di bioskop blockbuster.

Nggak heran, dan sayangnya, adegan-adegan ini sebagian besar dibuat dengan Computer Generated Imagery, atau dikenal dengan CGI.

Nggak ada yang bisa kalahkan practical effects. Mata manusia sangat peka dan dapat dengan mudahnya mendeteksi ketika sesuatu tidak benar-benar terjadi atau pura-pura.

Baca Juga: 5 Film Action yang Adegannya Hampir Membunuh Aktornya Sendiri, Titanic Termasuk

Jadi, HAI udah rangkum lima momen film yang menakjubkan yang seluruhnya dibuat pakai practical effects.

Mereka semakin langka, tetapi aksi mereka yang dilakukan secara nyata dapat memberikan faktor yang WOW yang bisa bikin bioskop blockbuster begitu istimewa.

  1. The Dark Knight (2008)
Diketahui kalo Christopher Nolan lebih menyukai practical effects dibanding CGI, dan film yang benar-benar memulai tren ini adalah The Dark Knight tahun 2008. Ada banyak aksi di The Dark Knight yang dapat dicantumkan di sini, tidak terkecuali gedung yang mereka hancurkan.

Namun, soal kekaguman, adegan truk yang terbalik mungkin yang paling penting. Joker mendatangkan malapetaka di sebuah truk barang, dan digagalkan oleh Batman. Batman menggunakan kabel baja untuk membalikkan truknya.

Akan lebih mudah buat Nolan kalau meminta tim seniman CGI-nya bikin adegan ini secara digital.

Sebaliknya, Nolan justru menginginkan hal yang nyata. Jadi kru mengatur aksi ini di tengah Chicago, menggunakan piston yang ditempatkan dengan hati-hati untuk meluncurkan truk secara terbalik.

Prosedur ini penuh bahaya, dan akhirnya aksi itu berhasil, pengemudi selamat, dan penonton disuguhi salah satu adegan yang menakjubkan dalam sejarah sinematik.

  1. Dunkirk (2017)
Christopher Nolan nggak cuman membalikkan truk di The Dark Knight. Film perangnya yang dinominasikan Oscar 2017 lalu, Dunkirk, ini juga dipuji karena kualitasnya yang immersive, dengan membawa practical effects ke level yang lebih tinggi.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest