Follow Us

Jakarta Fashion Week Mencoba Dorong Transformasi Industri Fashion Ke Dunia Digital Jadi Lebih Baik

HAI Internship - Kamis, 07 April 2022 | 03:00
Cuplikan dari Jfw
youtube.com

Cuplikan dari Jfw

HAI-ONLINE.com - Salah satu pekan mode tahunan yang dilaksanakan di Jakarta dan terdepan di Asia Tenggara kembali hadir lho! Yaps, itu dia Jakarta Fashion Week (JFW). Kali ini Jakarta Fashion Week berkolaborasi dengan PT WIR Asia Tbk, perusahaan berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan Artificial Intelligence (AI).

Tentu saja kolaborasinya tersebut memiliki tujuan, yaitu mendorong transformasi industri fashion ke dunia digital semakin jauh dan lebih baik lagi.

Menurut Svida Alisjahbana, CEO GCM Group, pelaku industri kreatif dan fashion Indonesia itu memiliki kemampuan yang sama dengan pelaku industri luar negeri, tetapi terkena kendala dalam hal kesempatan.

Untungnya, kehadiran metaverse saat ini menjadi solusi atas kendala itu karena semua pemain industri fashion Indonesia dapat memasuki pasar internasional. Melihat hal itu, akhirnya Jakarta Fashion Week bersama dengan WIR Group tahun ini hadir dengan menggunakan format Metaverse pertama di Indonesia.

“Ini bukan kali pertama kami hadir di dunia virtual. Sebelum menapaki metaverse, JFW beradaptasi dengan tuntutan zaman melalui rangkaian Virtual Fashion Show pada tahun 2020-2021. Dengan kehadiran Metaverse Indonesia tentunya akan banyak keuntungan yang akan didapat, bukan saja bagi industri mode tetapi juga bagi industri kreatif Indonesia di dunia digital tanpa batas ini,” ujar Svida.

Baca Juga: Lama Nggak Kelihatan, Hayley Williams Unggah Foto Throwback Paramore!

Dengan begitu, metaverse bisa menjadi peluang dan kesempatan bagi para pelaku industri untuk menjalin bisnis secara internasional dan para konsumen secara global. Masuknya industri kreatif ke metaverse nyatanya turut mendapat dukungan pemerintah.

“Ekonomi digital di Indonesia mampu mendukung implementasi dari teknologi metaverse ini. Oleh sebab itu, pendekatan yang dilakukan pemerintah adalah dengan mengikuti kecepatan transformasi dan evolusi metaverse,” ujar Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif.

Gupta Sitorus selaku Chief Marketing Officer PT WIR Asia berharap agar kolaborasi JFW dengan WIR Group di metaverse Indonesia ini akan mendorong berbagai pihak untuk ikut turut serta dalam jalan yang sama, “Kolaborasi ini tentunya merupakan bentuk kepercayaan dunia industri tanah air kepada WIR Group sebagai perusahaan teknologi terdepan, yang membuat kami selalu terpacu untuk terus mengembangkan inovasi guna memberikan solusi teknologi bagi beragam sektor agar dapat menghadapi tantangan di era digital tanpa batas ini.”

Menarik banget kan? Jangan sampai lo ketinggalan karena JFW tahun ini menjadi fashion show pertama di metaverse Indonesia.

Selain itu, JWF juga turut mengembangkan konsep Online to Offline (O2O) melalui pendekatan see now buy now yang dapat lo ikuti dalam Ramadhan Fashion Festival 2022 pada Kamis (7/4/2022). Pastikan lo ikut ya!

(Ariella Kinari)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest