Follow Us

Menurut Lo, John Petrucci Lebih Pantes Jadi Gitaris Atau Penulis Lirik?

Nada Aprillia - Rabu, 06 April 2022 | 15:05
John Petrucci
Wikimedia Commons

John Petrucci

HAI-ONLINE.COM – Pada akhir November 2020 lalu Dream Theater merilis album live ke-9 mereka, 'Distant Memories: Live in London'.

Sang gitaris John Petrucci pernah bilang kalau sebenarnya saat menjalani tur, mereka selalu tau kalau bakal merekam untuk album live nantinya.

Karena mereka yakin itu adalah tur yang sukses!

Dari pertunjukan yang Dream Theater bawa serta produksinya, merupakan sesuatu yang bener-bener bikin mereka bangga as a band.

Makanya mereka pede untuk memastikan bahwa semuanya terekam dengan rapi dalam DVD.

Baca Juga: Viral Berkat Cover Lagu Dream Theater Pake Drum dari Barang Bekas, Deden Noy Dikirimin Drum Sama Mike Portnoy

“Sungguh, rekaman dua malam di London (21 dan 22 Februari 2020) nggak bakal bisa lebih baik! Karena itu udah jadi yang terbaik. Penonton yang luar biasa, tempat yang klasik dan ikonik”, ujar Petrucci pada Songfacts yang mana itu adalah akhir dari perjalanan Eropa Dream Theater.

Dinobatkan sebagai gitaris terbaik di Dunia, Petrucci juga pernah ditanya dalam sebuah wawancara, tentang bagaimana dia dalam penulisan lagu antara Dream Theater dengan album solonya.

Petrucci menjelaskan kalau keduanya berbeda, karena Dream Theater bersifat kolaboratif. Di mana sebagian besar penggarapan lagu untuk Dream Theater terancang saat semua personil berada di ruangan yang sama sembari nge-jam bareng.

Baca Juga: Dari Travis Barker hingga John Frusciante, Ini 10 Personil Pengganti yang Bikin Band Tambah Sukses

Dari sana mereka saling memantulkan ide satu sama lain hingga bikin riff bareng. Sedangkan untuk materi solonya, Petrucci hanya menyuguhkan instrumental gitar dan ditulis sendiri secara eksklusif.

Kedua album solonya ‘Suspended Animation’ (2005) dan ‘Terminal Velocity’ (2020) merupakan format trio. Nggak ada vokal, nggak ada keyboard, nggak ada instrumen lain.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest