Follow Us

Catat Nih! UGM Buka Jalur Prestasi D4-S1 2022, Ada Beasiswa UKT 8 Semester

Tanya Audriatika - Senin, 04 April 2022 | 18:00
Universitas Gadjah Mada
Situs UGM

Universitas Gadjah Mada

HAI-ONLINE.COM - Universitas Gadjah Mada (UGM) buka Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Sarjana (S1) dan Program Sarjana Terapan (D4) Jalur Prestasi (Penelusuran Bibit Unggul) Tahun Akademik 2022/2023.

Melansir dari Kompas.com, Senin (4/4/2022), jalur prestasi UGM Tahun 2022 dibagi jadi empat kategori dengan syarat.

Adapun pendaftaran Jalur Prestasi UGM Tahun 2022 ini dibuka pada 31 Maret 2022 dan berlangsung hingga 13 April 2022 mendatang.

Baca Juga: Cowok Butuh Skincare tapi Ngaku Malas Perawatannya Karena Mengurangi Maskulinitas

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi pada 28 April 2022. Lalu, Tes Keterampilan bagi Pendaftar yang Lulus Seleksi Administrasi (khusus klaster Olahraga dan Seni) pada 11-13 Mei 2022. Sementara, hasil pengumuman seleksi akan diumumkan 19 Mei 2022.

Berikut jenis dan syarat Jalur Prestasi UGM Tahun 2022 yang sudah HAI rangkum:

  1. Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu 2022
Jalur seleksi ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi kurang beruntung secara ekonomi dengan kriteria:

  • Kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP); atau berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH); atau keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau dari panti sosial/panti asuhan, atau dari keluarga yang masuk pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS); atau
  • Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp4.000.000,00 (empat juta rupiah) per bulan dan/atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) setiap bulannya; dan
  • Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya Sarjana (S1) atau Sarjana Terapan (D4);
  • Mahasiswa yang diterima melalui jalur seleksi ini akan memperoleh beasiswa UKT selama 8 semester, apabila memenuhi persyaratan yang ditetapkan dan akan dievaluasi setiap tahun.
Syarat pendaftar:

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Pendaftar memiliki kemampuan akademik tinggi dan berasal dari keluarga kurang beruntung secara ekonomi;
  3. Merupakan siswa/siswi tahun terakhir di SMA/SMK/MA atau sederajat pada tahun ajaran 2021/2022 (lulus pada tahun 2022);
  4. Memiliki nilai kognitif yang tuntas (di atas KKM) pada rapor untuk semua mata pelajaran, mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun;
  5. Diusulkan oleh Kepala Sekolah dan merupakan 25% siswa/siswi terbaik di kelasnya pada semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK program 4 (empat) tahun, dibuktikan dengan surat keterangan yang ditandatangani oleh kepala sekolah untuk masing-masing pendaftar;
  6. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.
  1. Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan 2022
Jalur seleksi ini ditujukan bagi putra-putri daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam pembangunan, diusulkan dan dibiayai sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah (Pemda)/institusi pemerintah dan/atau perusahaan yang kredibel sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap pembangunan SDM.

Baca Juga: Produksi Padi Turun: Peneliti UGM Kembangkan Padi ‘Amphibi’ Gamagora

Program kemitraan ini mensyaratkan adanya Nota Kesepahaman (MoU)/perjanjian kerja sama antara mitra dengan UGM.

Mitra yang dimaksud dalam program ini adalah Pemda/institusi pemerintah dan/atau perusahaan yang sudah melakukan kerja sama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan/penelitian/pengabdian kepada masyarakat).

Halaman Selanjutnya

Syarat pendaftar:
1 2 3

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest