Follow Us

Ungkap Rahasia di Balik Skill Menulis Lagunya, Ahmad Dhani: Bikin Lagu Gampang, yang Susah Dibikin Jadi Terkenal

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 15 Februari 2022 | 18:35
Ahmad Dhani.
Tangkapan layar Hanin Dhiya/YouTube

Ahmad Dhani.

HAI-Online.com – Ahmad Dhani mengungkapkan rahasia di balik kemampuannya menulis lagu. Menurut leader Dewa 19 ini, menulis lagu bukanlah hal yang susah, tetapi bukan juga sesuatu yang gampang.

Nah bagi dirinya sendiri, kesulitan utama yang ia hadapi saat menulis lagu adalah gimana caranya menjadikannya terkenal.

“Membuat lagu itu gampang, yang sulit itu adalah menjadikan lagu itu terkenal," ujarnya saat menjawab pertanyaan soal menulis lagu, dikutip dari channel YouTube Video Legend.

Saat ditanya soal gimana tips buat bikin lagu yang baik dan disukai banyak pendengar, ia mengatakan lirik adalah hal pertama yang harus diperhatiin.

“Untuk menjadi terkenal itu dibutuhkan lirik yang baik. Nomor satu itu lirik. Jarang orang Indonesia itu bisa suka dulu sama nada," jelas Dhani.

Baca Juga: Bukan Erwin Prasetya, Dewa 19 Ternyata ‘Minjem’ Musisi Ini untuk Isi Bass Lagu ‘Kangen’ pas Rekaman

Lagu yang secara teknis bagus pun menurutnya bakal kurang terkenal jika liriknya nggak bagus. Dhani beralasan, banyak lagu bagus, tapi liriknya kurang mengena di kuping pendengarnya.

“Orang jadinya nggak aware, nggak perhatian. Jadi yang paling susah menurut saya adalah membuat lagu itu menjadi terkenal.

Ia menambahkan, “Lagu itu menjadi terkenal karena liriknya, pesannya sampai ke masyarakat. Kata-kata itu yang paling penting sebenarnya.”

Meski begitu, Dhani pun mengaku bahwa dirinya juga pernah bikin lagu yang liriknya kurang oke sehingga nggak terlalu sukses di pasaran.

“Kalo membuat nada yang indah itu relatif lebih mudah daripada membuat kata-kata. Karena banyak lagu yang nadanya baik tapi kata-katanya kurang mengena, itu juga terjadi pada saya sendiri," akunya.

Baca Juga: Ini Bedanya Dewa 19 dengan Slank Menurut Ahmad Dhani, Ternyata Bisa Dilihat dari Tiket Konsernya

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest