Follow Us

Dikenal Punya Suara Tinggi, Ternyata Once Pernah Hilang Suara Selama 5 Tahun Sebelum Gabung Dewa 19

Ferry Budi Saputra - Minggu, 13 Februari 2022 | 13:40
Once Mekel
Instagram/ @oncemekelofficial

Once Mekel

HAI-Online.com - Once yang merupakan eks vokalis Dewa 19 dikenal sebagai penyanyi yang memiliki suara tinggi. Akan tetapi, dia juga pernah mengalami yang namanya hilang suara selama 5 tahun.

Once menyebut dia sempat nggak bisa nyanyi selama 5 tahun, tepatnya sebelum dia gabung Dewa 19 yaitu dari 1993 hingga 1998. Pelantun Dealova itu mengaku mengalami alergi debu yang membuat suaranya nggak bisa keluar.

Alergi itu membuat tenggorokannya mengeluarkan lendir sehingga menutupi pita suaranya. Akibatnya, dia kehilangan suara dan mengaku stres.

"Jadi pita suara itu jadi nggak lentur. Karena nggak lentur ya nggak bisa keluar lah suaranya. Pusing, stres, depres, udah limit lah," ucap Once di kanal YouTube Badai TV.

Baca Juga: Once Puji Ahmad Dhani sebagai Musisi Jenius: Dia Banyak Dengerin Lagu Orang Lain

Penyanyi itu juga mengatakan sempat terlintas dipikiriannya kalo dia bakalan nggak bisa nyanyi lagi ke depannya gara-gara hilang suara. Once mengatakan pernah nyanyi sampe serek tetapi butuh recovery 3 hari, abis itu seminggu suaranya masih nggak bisa balik juga.

"Ngomong bisa, cuma nyanyi satu dua lagu terus langsung kayak vokalnya capek gitu sakit, suaranya nggak bisa naik lagi, ya nggak bisa gerak, pita suara lo ketutup sama lendir. Jadi seminggu nggak sembuh, dua minggu nggak sembuh, sebulan baru gua ke dokter, dikasih antibiotik apa gitu, nggak sembuh juga," tuturnya.

Setelah sebulan mengalami kondisi tersebut, Once mengungkapkan dirinya didiagnosa dokter mengalami radang akut dan dia sempat merasa nyerah pada saat itu karena setahun nggak sembuh-sembuh.

Baca Juga: Ngaku Lebih Tertarik Gabung Ahmad Band Ketimbang Dewa 19, Once: Soalnya Berisik

Once berpikir kesembuhannya pada saat itu sepertinya harus dimulai dari dirinya sendiri, karena segala macam obat yang dikasih dokter nggak mempan.

"Gue langsung pikir berarti badan dan mental gue yang nggak bener, karena obat yang dikasih nggak ada yang mempan. Psikologi dan fisik ya. Jadi kayak hidup, mungkin banyak keluar malem segala macem, gue pikir ini yang mesti diberesin nih, jadi gue berhenti dulu tuh job segala macem, kalo berdoa udah tiap hari itu gue lakuin," ujarnya.

Setelah menerapkan gaya hidup sehat, Once mengakui kondisi tenggorokannya mulai membaik dan akhirnya bisa sembuh dari alergi tersebut. (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest